Iklan

Iklan

,

Iklan

Pimpin Upacara HUT Pahlawan Nasional Pong Tiku,Ombas : Kobarkan Semangat Juang Pong Tiku Dalam Hidup Kita Masing-masing

Redaksi
10 Jul 2024, 19:15 WIB Last Updated 2024-07-10T11:18:20Z

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang saat pimpin upacara HUT Pahlawan Nasional Pong Tiku ke 22 dilapangan Pangala', Kecamatan Rindingallo.Rabu ,10 Juli 2024.

 

RANTEPAO,TORAJAKUNEWS.COM-Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, gelar peringatan hari Pahlawan Nasional Pong Tiku ke 22 , dengan Thema Lanjutkan Semangat Juang Pong Tiku Menuju Toraja Utara yang mandiri berbudaya dan berdaya saing.

Bupati Toraja Utara,bersama anggota DPRD Kabupaten Toraja Utara Semuel Matasak dan Kacabjari Rantepao.

Dalam upacara peringatan hari Pahlawan Nasional Pong Tiku ,dipimpin langsung Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang sebagai inspektur upacara, dilapangan Pangala Kecamatan Rindingallo.Rabu,10 Juli 2024.


Usai pimpin upacara, Bupati Toraja Utara menabur bunga di makam pahlawan nasional Pong Tiku di dampingi sekda Salvius Pasang,Forkopimda,Kepala OPD dan jajarannya.

Sekda Toraja Utara Salvius Pasang bersama Forkopimda.

Dalam sambutannya Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang menyampaikan kita hadir hari ini di sini,dalam rangka memperingati hari pahlawan nasional Pong Tiku yang ke 22 , ini yang harus kita syukuri.Tentu kita sadar bahwa hari ini merupakan momentum 

yang sangat berharga bagi kita semua.


"Apa yang diteladankan oleh Pong Tiku dalam melawan penjajahan mengangkat senjata , tentu dijaman seperti saat ini tidak lagi kita mengangkat senjata.Tetapi yang harus angkat bagi anak sekolah adalah tekun ,rajin belajar jangan bolos dan patuh pada orang tua,taat pada guru belajar dan belajar untuk mengisi masa depan kalian dimasa yang akan datang kalian masing-masing,itulah contoh keteladanan yang harus kita terapkan dalam kehidupan kita masing-masing bagi anak-anak saya",Ujar Bupati Toraja Utara yang akrab disapa Ombas.

Bupati Toraja Utara,saat melakukan tabur bunga dimakam pahlawan nasional Pong Tiku bersama Forkopimda dan para Kepala OPD serata tokoh masyarakat.

Masih kata Ombas ,Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) siapapun kita,kita bukan lagi angkat senjata,tetapi yang kita angkat adalah senjata disipilin,senjata rajin kerja,senjata tidak boleh bolos atau malas pergi ke kantor.Itulah senjata yang harus kita angkat melawan kemalasan.Mengisi kehidupan kita masing-masing demi keluarga,Gereja,masa depan bangsa kita.


"Keteladanan ini,tentu harus menjadi semangat dalam perjuangan hidup kita.Pembangunan daerah ini,tidak akan mungkin ada orang lain yang datang membangun daerah kita kalau bukan kita sendiri .Oleh karena itu,pembangunan itu harus dimulai dari hal-hal yang kecil yang bisa kita Pada seluruh masyarakat,ketika kita mampu membersihkan wilayah kita masing-masing,jalan jangan sampai tergenang air,serta jangan sampai rumput lebih tinggi dari pada kita.Itulah semangat Perjuangan didalam wilayah kita masing-masing',Jelas Bupati Toraja Utara ini.


Bupati Toraja Utara juga mengingatkan para Guru ,Lurah ,Kepala Lembang dan Camat bahwa Guru harus berdiri didepan kelas mengajar ,harus berdiri didepan ketika masyarakat datang di kantor lurah,datang di kantor Lembang datang dikantor kecamatan, kita harus sudah ada disana .


"Itulah semangat, itulah senjata yang harus kita angkat.Jangan kita selalu menyorot dan menyoroti orang,tetapi tidak pernah kita evaluasi kedalam diri kita masing-masing. Selalu kita bertanya,pemerintah bikin apa.Mari kita balik ,apa yang sudah saya lakukan untuk keluarga saya ,apa yang sudah saya lakukan untuk daerah saya.Itulah yang harus kita pertanyakan.Ketika kita mampu bertanya seperti itu,lalu kita mampu mengimplementasi dalam hidup kita masing-masing,itulah senjata jaman sekarang ini.Mari ,semangat yang dikobarkan oleh Pong Tiku,menjadi semangat yang berkobar terus dalam perjuangan hidup kita masing-masing", pungkasnya.


Turut hadir dalam Upacara HUT Pahlawan Nasional Pong Tiku diantaranya Sekda Salvius Pasang,Wakapolres Toraja Utara Kompol.Marthen Tangallo, Wakapolres Tana Toraja,Kasdim 1414/Tator,Kacabjari Rantepao,Pimpinan dan Anggota DPRD,Tokoh Masyarakat,Kepala OPD,Kabid Komunifo SP, Camat,Lurah dan Para Kepala Lembang,para Kepala Sekolah beserta guru,Kepala Puskesmas dan jajarannya,serta peserta upacara Siswa-siswi SMA ,SMP dan SD (*)

Iklan