Iklan

Iklan

,

Iklan

DP3AP2KB Toraja Utara Gelar Rakor Rembuk Stunting ,Sekda Salvius Pasang: Kita Berhasil Menurunkan Angka Stunting di Toraja Utara

Redaksi
15 Jun 2024, 19:36 WIB Last Updated 2024-06-15T13:44:13Z

Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara Salvius Pasang,SP,MP saat menyampaikan kata sambutannya dihadapan para peserta rembuk stunting,Jumat ,14 Juni 2024.Di ruang pola kantor Bupati Toraja Utara Marante.


RANTEPAO,TORAJAKUNEWS.COM-Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara Salvius Pasang, pimpin Pertemuan rapat koordinasi dan rembuk stunting (AKSI3) dalam rangka percepatan pencegahan penurunan stunting terintegrasi Tingkat Kabupaten Toraja Utara.

Ketua TP PKK Agustina Mangande Bassang saat penandatanganan komitmen untuk penurunkan angka stunting.

Kegiatan Pertemuan tersebut digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana(DP3AP2KB) Toraja Utara,dan dibuka langsung oleh Sekda Toraja Utara,digelar di ruang pola Kantor Bupati Toraja Utara, Marante, Kecamatan Tondon.Jumat ,14 Juni 2024.


Kegiatan ini juga, dalam rangka untuk mewujudkan manusia yang sehat ,cerdas dan produktif serta pencapaian tujuan yang berkelanjutan,perlu di lakukan percepatan penurunan stunting yang dilaksanakan secara holistik interaktif dan berkualitas melalui koordinasi , sinergi dan sinkronisasi di antara perangkat daerah dan para pemangku kepentingan.

Wakapolres Toraja Utara Kompol Marthen Tangallo saat menyampaikan kata sambutannya.

Sekda Kabupaten Toraja Utara Salvius Pasang,SP,MP mewakili Bupati dan Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehadiran kita disini tentunya membahas , berdiskusi tentang bagaimana kita menghadapi stunting kedepan berdasarkan evaluasi yang telah kita lakukan dan dievaluasi di Provinsi.


"Perlu kita syukuri,bahwa Kabupaten Toraja Utara dari tahun 2022 ke tahun 2023 , ternyata ada keberhasilan yang kita bisa raih dengan menurunkan angka stunting dari 34 persen menjadi 28 persen.Ini terjadi karena kerja-kerja kita bersama,kerja-kerja ini bisa membuahkan hasil karena adanya partisipasi kita semua baik dari TNI /POLRI,LSM ,Media /Pers yang mensupport sehingga terjadi penurunan stunting ",kata Sekda Toraja Utara.


Sekaitan dengan penurunan stunting di Kabupaten Toraja Utara,Sekda Salvius Pasang berharap agar kita jangan puas dengan adanya penurunan 5,4 persen di tahun 2023.Karena ternyata target pemerintah pusat maksimal 14 persen di tahun 2024.Itu artinya kita masih harus menurunkan stunting 50 persen lebih,karena 28 persen sementara 28,7,berarti yang harus kita turunkan minimal 14,7 persen baru target pusat kita bisa capai .

Dandim 1414/Tator Letkol ARM Bani Kelana Sepang saat menyampaikan kata sambutannya.

"Berdasarkan evaluasi,maka pertemuan hari ini kita lakukan dalam rangka menyatakan persepsi ,karena ini pekerjaan berat 14,7 persen yang kita mau turunkan minimal . Tapi saya pribadi, seandainya stunting tidak ada di Toraja lebih bagus lagi,karena kita sudah tahu bahwa stunting itu adalah manusia yang tidak berdaya,stunting itu tidak setinggi dengan umurnya yang tentunya batas hanya lima tahun ", Ungkapnya.

Sekda Torut Salvius Pasang bersama Dandim, Wakapolres,Ketua TPK, Kepala DP3AP2KB, Camat dan Kabid .

Lanjut kata Sekda Toraja Utara,kalau memang anak-anak kita masih stunting sampai 28 persen,bisa kita bayangkan pengaruhnya terhadap sumber daya manusia yang ada di Toraja Utara, apalagi kalau meningkat.Dalam bahasa Torajanya Lalo'-lalo' itu Stunting.Tidak bisa cepat mengambil langkah-langkah.


"Dengan kehadiran kita semua pada saat ini. Mari kita sama-sama berupaya sesuai tupoksi kita masing-masing untuk pengurangan stunting.Apa langkah-langkah kita tahun lalu harus lebih kongkrit ,lebih spesifik,harus lebih integrasi tahun ini (2024) dibandingkan tahun lalu", Pungkasnya.


Sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Kepala DP3AP2KB dr. Lina Rombe, dalam pemaparannya katakan wajib Validasi data stunting disetiap Lembang dan Kelurahan,serta kerja sama seluruh stakeholder di Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dalam menurunkan angka stunting.


Berikut lokasi prioritas intervensi stunting tahun 2024, se-kabupaten Toraja Utara diantaranya,


1.Kecamatan Awan Rantekarua , Puskemas Awan di Lembang Buntu Karua .

2. Kecamatan Buntao', Puskesmas Buntao' di Lembang Issong Kalua'.

3. Kecamatan Buntao', Puskesmas Buntao' Lembang Rinding Kila' Balabatu .

4. Kecamatan Buntao', Puskesmas Buntao' di Lembang Sapan Kua-kua.

5. Kecamatan Buntu Pepasan,Puskesmas Ranteuma ,di Lembang Pulu-pulu .

6. Kecamatan Dende' Piongan Napo, Puskesmas Pasang di Lembang Kapoloang.

7. Kecamatan Kapalapitu,Puskesmas Ke'pe di Lembang Polopadang .


8.Kecamatan Kesu',Puskesmas Buatallulolo di Kelurahan Panta'nakan Lolo .

9.Kecamatan Nanggala,Puskesmas Tandung Nanggala di Lembang Karre Penannian .

10.Kecamatan Sa'dan, Puskesmas Sa'dan Malimbong di Lembang Sa'dan Pembulian .

11.Kecamatan Sa'dan,Puskesmas Sa'dan Malimbong di Lembang Sa'dan Tiro Allo .

12 . Kecamatan Sanggalangi,Puskesmas Tombang Kalua' di Lembang Tallung la'bo.

13.Kecamatan Sanggalangi, Puskesmas Tombang Kalua' di Lembang La'bo.

14.Kecamatan Sanggalangi,Puskesmas Tombang Kalua' di Lembang Tallungpenanian .


15.Kecamatan Sanggalangi,Puskesmas Tombang Kalua' di Lembang Buntu La'bo.

16.Kecamatan Sanggalangi, Puskesmas Tombang Kalua' di Lembang Pata' Padang .

17.Kecamatan Sopai , Puskesmas Sopai di Lembang Salu. 

18.Kecamatan Tikala, Puskesmas Tikala di Lembang Buntu Batu.

19.Kecamatan Tondon, Puskesmas Tondon di Lembang Tondon 


Dalam kegiatan tersebut turut hadir Dandim 1414/Tator Letkol ARM Bani Kelana Sepang, Wakapolres Toraja Utara Kompol.Marthen Tangallo,Ketua TP PKK Agustina Mangande Bassang dan jajarannya ,Para Kepala OPD,Para Camat ,para Sekretaris,Para Kabid dan Pendamping Desa.(*)

 

Iklan