Iklan

Iklan

,

Iklan

Lantik 63 Anggota Panwascam Sekaligus Pembekalan,Ketua Bawaslu Torut: Jangan Sia-siakan Tugas dan Panggilanmu

Redaksi
25 Mei 2024, 22:48 WIB Last Updated 2024-05-26T00:15:43Z
A D V E R T I S E M E N T

Ketua Bawaslu Toraja Utara Brikken Linde Bonting,SH,MH saat mengambil sumpah kepada 63 Orang Panwaslu Kecamatan. Sabtu, 25 Mei 2024.

 

RANTEPAO,TORAJAKUNEWS .COM- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Toraja Utara, menggelar Pelantikan pengambilan sumpah dan janji, sekaligus pembekalan anggota panitia pengawas pemilihan kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Toraja Utara tahun 2024.

Nampak Antoni Semi Panwascam Baruppu' ,bersama rekan-rekan Panwaslu Kecamatan saat pembacaan fakta integritasnya . Sabtu,25 Mei 2024.

Pelantikan Panwaslu Kecamatan tersebut dilaksanakan di Heritage hotel ,Sabtu,25 Mei 2024 dan dihadiri 63 Anggota Panwascam dari 21 Kecamatan Se- Kabupaten Toraja Utara.


Ketua Bawaslu Toraja Utara Brikken Linde Bonting,SH,MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa 63 Panwaslu Kecamatan yang dilantik hari ini ,itu adalah yang terbaik.


Dalam mekanisme pelaksanaan tahapan seleksi dan juga penilaian kepada eksisting begitu panjang dan aturan-aturan yang luar biasa .Penilaian dan portofolio dan atasan langsung kepada eksisting ada 63 dan yang terpilih 39 orang. Bukan berarti bahwa 24 rekan-rekan yang sudah berjuang bersama-sama, dalam menegakkan demokrasi bersama-sama di Toraja Utara tidak memiliki kemampuan.


"Tentu hal ini berdasarkan evaluasi kinerja dilapangan pola koordinasi yang selama ini kita lakukan,perlu dijumpai ada penyegaran, perlu  dilakukan evaluasi secara berjenjang. 24 rekan-rekan yang saya mau katakan bukan baru lagi tetapi banyak-banyak sebagai penyelenggara sebelumnya.Baik penyelenggara di KPU maupun penyelenggara ditingkat Kabupaten dan lain sebagainya ", ujar Ketua Bawaslu Toraja Utara ini.


Dikatakan Ketua Bawaslu Toraja Utara ,bahwa inilah 63 putra-putri terbaik Toraja Utara yang bersiap melaksanakan tugas tanggung jawab dan kewenangan dalam fungsi dan pengawasan pada pemilihan serentak tahun 2024 mendatang.


"Saya mau sampaikan kepada kita semua , yang dilantik dan diambil sumpah bahwa teman-teman sudah bersumpah menyampaikan fakta integritas bukan hanya dihadapan manusia tapi dihadapan Tuhan yang maha esa.Melalui proses yang panjang itu anda terpilih, jangan sia-siakan tugas dan panggilanmu", jelas Briken sapaan akrab mantan ketua KNPI Toraja Utara ini.


Lanjut kata Brikken, teman-teman Bukan hanya bertanggung jawab kepada keluarga, daerah, bangsa dan negara.Tetapi terutama, dalam menyelamatkan demokrasi yang lebih baik semakin hari semakin baik kedepan. Tantangan daripada Pemilihan serentak atau Pilkada 2024, tentu tekanannya lumayan lebih kuat dibanding pemilu sebelumnya, olehnya itu kita mau pastikan 63 Panwaslu Kecamatan yang dilantik hari ini betul-betul mampu melaksanakan tanggung jawabnya masing-masing .


"Tugas dan wewenang dan kewajiban teman-teman adalah kunci anda akan bertugas profesional,mampu mengolah setiap persoalan-persoalan yang dihadapi.Ditempat ini juga, kami mau sampaikan jangan bertindak atas dasar pola pendekatan kedekatan atau hal hubungan-hubungan kekeluargaan. Karena di Toraja ini hampir seluruhnya satu Tongkonan,anda sudah dilantik jadi tidak lagi bergerak atau bertindak partisan ", ungkapnya.


"Kami Bawaslu Toraja Utara,akan membackup teman-teman di 21 Kecamatan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab ,kami juga mohon 21 Kecamatan 63 orang Panwascam juga menjaga kinerja dari pada Panwaslu Kecamatan.Ketika teman-teman melaksanakan tugas dengan baik dengan sendirinya citra Bawaslu Kabupaten akan baik pula ,dan sebaliknya beberapa evaluasi yang dilakukan tentu akan ada teguran-teguran yang akan dilaksanakan jika dijumpai ada yang melanggar kode etik dan lain sebagainya ", pungaksnya.


Dalam pelantikan 63 Panwalu Kecamatan Se-Kabupaten Toraja Utara, turut dihadiri Dua Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Komisioner Bawaslu Toraja Utara Bonnie Freedom dan Arifin,Wakil Bupati Toraja Utara Frederick Victor Palimbong,Sekda Salvius Pasang, Wakapolres Toraja Utara,Ketua Pengadilan Makale, Kacabjari Rantepao,Danramil dan Tokoh Agama baik Kristen,Islam dan Katolik,juga sekretaris Bawaslu Toraja Utara dan seluruh jajarannya.(*)

Iklan