Iklan

Iklan

,

Iklan

DJM Apresiasi Ratusan Pemuda Turun Tangan Benahi Salib Singki,Dalam Rangka 110 Tahun IMT

Redaksi
16 Feb 2023, 18:02 WIB Last Updated 2023-02-16T10:02:21Z
A D V E R T I S E M E N T

Djuli Mambaya ,ST, Mantan Kadis PUPR Provinsi Papua

 


TORAJAKUNEWS.COM,RANTEPAO - Mantan Kadis PUPR Provinsi Papua Djuli Mambaya,ST mengapresiasi ratusan lintas pemuda lintas sinode dan lintas denominasi gereja,yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum BPS Gereja Toraja, dalam rangka 110 tahun Injil Masuk Toraja (IMT)  membenahi obyek wisata salib singki yang terbengkalai.

"Saya senang ada respon Ketua Umum Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja Bapak Pendeta Alfred Anggui, merespon atas pertemuana kami berdua beberapa bulan lalu di Kantor Beliau di BPS GT. Akhirnya ada Langka awal untuk merehab memperbaiki Salib Singki.Semoga bisa tuntas dan menjadi Objek Wisata Religi Andalan di Toraja Utara" .harap DJM sapaa  akrabnya ,Kamis ,16 Februari 2023.

Saat ini lanjut DJM katakan ,Dua sumur bor menyuplai air ke bukit singki' masing-masing dengan kedalaman 45 meter dan 50 meter. Letak sumur bor berada dibawah kaki bukit singki di halaman belakang rumah warga,dan satu sumur bor sudah di operasikan.

"elevasi sumur dan puncak bukit skitar 150 meter,diameter sumur bor memakai pipa casing 4 inchi, Pompa yang di pakai adalah pompa celup 3,5 inchi.Dan Air sudah tersedia di puncak bukit salib singki.Pekerjaan sumur Bor di gagas oleh YAYASAN KOPINTARI.Karena air dilokasi Obyek Wisata Salib Singki selama diresmikan,di lokasi itu air bersih tidak ada jadi sangat jorok di lokasi itu" Jelas Mantan Ketua Askab PSSI Kabupaten Toraja Utara ini.

Lanjut kata Mantan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Djuli Mambaya, terkait Obyek Wisata Salib Singki dikatakan perlu merehabilitasi atau perbaikan situs-situs atau obyek wisata yang ada di Toraja, khususnya di OW salib singki. Kalau tidak salah sudah tiga tahun terbengkalai .

"Saya sangat prihatin dengan adanya keterbengkalaian obyek wisata Salib Singki yang dulunya sangat ramai pengunjung" . ucapnya.

''Saat ini kami sudah mulai mengadakan pengadaan air pembuat sumur bor di bawah kaki bukit salib singki dan air sudah naik ke atas dan sudah bisa dipakai. Hanya fasilitas kamar mandi dan lain-lain di atas rusak parah,'' katanya.

Ternyata sejak diresmikan OW Salib Singki itu, tidak ada airnya.

Problem pertama bangunan kalau tidak ada airnya pasti bangunan cepat rusak. Orang mau cet pake air, orang mau pel pake air, mau buang air kecil pake air, apalagi mau buang air besar pake air.

''Jadi selama ini, kendalanya adalah air tidak ada. Sekarang air sumur bor sudah ada pake pompa celup dan pake listrik token. Kami dari Yayasan Kopintari sudah melaksanakan dan sudah tersedia air, silahkan Pemerintah atau siapapun mau bahu- membahu mendorong supaya obyek wisata Salib Singki kembali pulih dan menjadi andalan obyek wisata kabupaten Toraja Utara,'' pungkas DJM sapaan akrabnya.(kirei)

Iklan