Iklan

Iklan

,

Iklan

Pembukaan Even Toraja Carnaval di OW Burake, Bangkitakan Pariwisata dan UMKM

Redaksi
19 Mei 2022, 21:43 WIB Last Updated 2022-06-20T04:06:04Z
A D V E R T I S E M E N T

Jhon Rende Mangintan bersama Tautoto Tanaranggina saat menabuh gendang tanda dibukanya even Toraja Carnaval ,Kamis ,19 Mei 2022.

 

TORAJAKUNEWS.COM,MAKALE-Tautoto Tana Ranggina Sarongallo ,Asisten Administrasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel),resmi membuka event Toraja Carnaval 2022,yang digelar di pelataran objek wisata Patung Yesus Kristus memberkati di Buntu Burake, Tana Toraja.Kamis ,19 Mei 2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakn selama tiga hari berturut-turut, dari tanggal 19 hinggah 21 Mei 2022.Adapun kegiatan yakni Festival Band se Sulsel ,Tari-tarian dan Juga dihibur oleh artis ibu kota Doni Sibarani ex Vokalis Ada Band,Sharon Idol Junior , Glow Rosa .

Tautoto Tanaranggina mewakili Gubernur Andalan saat usai pembukaan kepada para awak media katakan kegiatan ini sangat didukung oleh Pemprov ,dimana tahun ini kita dukung dana sebesar Rp 400 juta di dua item .Dan tahun depan, tadi saya sudah bisik pak Jhon Rende Mangontan agar kegiatan seperti ini ada di Tana Toraja juga ada di Toraja Utara.Bagaimana bentuknya nanti diatur kemudian.

"Prinsipnya bahwa apapun itu ,demi kemajuan pariwisata Pemerintah Provinsi Sulawesi selatan siap untuk mendukung termasuk di kabupaten-kabupaten lain".katanya

"Kegiatan ini bagus,cuma saya minta untuk kedepan libatkan beberapa kabupaten lagi.Diperbesar karena saya kira kabupaten lain kalau dari awal di informasikan saya kira bisa berpartisipasi".tambah Tautoto mantan Plt .Bupati Toraja Utara.

Jhon Rende Mangontan bersama Tautoto Tanaranggina S dan Forkopimda 


Ditempat yang sama di tambahkan Jhon Rende Mangontan Anggota DPRD Provinsi dapil X dari Fraksi Golkar sekaligus selaku inisiator dan Ketua Panitia Toraja Carnval kepada para awak media katakan pembukaan Toraja Carnaval adalah suatu kebanggan,bukan hanya panitia tetapi masyarakat Toraja mempunyai suatu kebanggaan. Bahwa hari ini, bisa kita wujud nyatakan bahwa Toraja carnaval akan menjadikan suatu tolak ukur dan membangkitan pariwisata kembali .Dan memberikan suatu keyakinan kepada pengusaha-pengusaha Pariwisata yang ada di Toraja ,baik yang ada di Tana Toraja maupun di Toraja Utara.

"Even seperti ini kita butuhkan di Toraja ,dan marketnya harus jelas.Marketnya jangan yang ada di daerah kita sendiri ,tetapi marketnya harus kita mengambil orang dari luar datang ke Toraja untuk bawah uang ke Toraja" .jelas JRM .

JRM juga jelaskan bahwa hari ini, even Toraja Carnaval mampu memberikan suatu kontribusi positif untuk daerah dan juga pengusaha penginapan.Salah satu contoh, bahwa hotel-hotel mulai semalam sudah mulai penuh .Tingkat hunian meningkat ,akibat pengunjung yang ingin menyaksikan Toraja Carnaval.

"Hari ini Toraja carnaval memberikan suatu bukti kongkrit kepada pemerintah ,maupun kepada orang tua kita agar jangan kita kekang anak- anak milenial berikan mereka ruang karena mereka punya potensi untuk menunjang komunity tujuan wisata" .kata JRM

"Saya bangga dan sangat bersyukur berterimakasih kepada Tuhan ,terimakasi kepada panitia ,terimakasi kepada pemerintah daerah baik tingkat provinsi dan tingkat kabupaten ,terimakasi khususnya kepada masyarakat yang ada di burake sendiri ,dan teristimewa kepada teman-teman pers,teman-teman pers saya hanya ingin katakan bahwa  jangan kita bikin suatu sekat tetapi mari kita bergandengan tangan ".pungkasnya

Diketahui untuk anggaran yang digunakan dalam kegiatan Toraja carnaval, sebesar Rp 900 juta lebih yang berasal dari JRM Community, Pemerintah Provinsi Sulsel dan tiket masuk.

Terlihat di lokasi para UMKM berjejer dalam bentuk los disekat, menawarkan hasil karya mereka yang bahannya dari hasil tenun kain khas Toraja ,juga nampak di lokasi warga UMKM sedang menenun kain .

Turut hadir dalam pembukaan Toraja Carnaval yakni ,Dandim 1414 Tana Toraja Letkol Inf Amril Hairuman Tehupelasury, Pj.Sekda Torut Salvius Pasang , Kajari Tator ,Asisten lll Tator ,dan Wakapolres Tator .(kirei)

Iklan