Iklan

Iklan

,

Iklan

Event Toraja Carnaval Sukses Digelar, Ribuan Pengunjung Banjiri OW Buntu Burake Tator

Redaksi
22 Mei 2022, 19:00 WIB Last Updated 2022-06-20T04:06:04Z
A D V E R T I S E M E N T

Banjir penonton saat Sharon idol cilik menyanyika lagu hitsnya ,Sabtu malam ,21 Mei 2022

 

TORAJAKUNEWS.COM,RANTEPAO- Ribuan pengunjung banjiri acara penutupan Toraja Carnaval 2022 di Objek Wisata (OW) Religi Buntu Burake, Kabupaten Tana Toraja, Sabtu ,21 Mei 2022, kemarin.

Dua artis ibu kota Doni Sibarani ex Vokalis Ada Band dan Sharon juara l Idol cilik 2017 ,sukses menghipnotis  kurang lebih sepuluh ribu penonton .Event ini sukses digelar selama tiga hari yakni dari tanggal 19 s/d 21 Mei 2022. Pada hari pertama dan kedua pengunjungnya juga dalam jumlah ribuan orang yang berasal dari berbagai daerah diantaranya Makassar, Palu, Enrekang dan Palopo.

Toraja Carnaval ini diisi dengan berbagai atraksi budaya toraja yang diperlombakan, dan dihibur oleh para penyanyi lokal dan luar.Juga puluhan pelaku UMKM menjajakan berbagai jenis usaha hasil kerajinan toraja.

Membludaknya pengunjung Toraja Carnaval ini,kareana selama dua tahun pandemi covid tanpa ada event pertunjukan, antusiasnya pengunjung datang karena rindu akan event pertunjukan seperti Toraja carnaval ini.

Inisiator Toraja Carnaval Jhon Rende Mangontan anggota DPRD Provinsi Sulawesi selatan  ,saat menyampaikan sambutannya katakan event ini bertujuan untuk membangkitakan pariwisata di Toraja dan juga membangkitkan ekonomi kerakyatan UMKM ,karena selama dua tahun kita tidak bisa berbuat apa- apa diakibatkan pandemi covid 19 yang melanda seluruh belahan dunia .

"Visi-misi saya saat calon anggota DPRD, bermimpi bagaimana membesarkan  Toraja. Salah satunya adalah dilaksanakannya Toraja Carnaval yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Toraja sekaligus memperkenalkan budaya Toraja keluar,” katanya.

JRM saat berikan sambutannya ia bertanya kepada pengunjung bahwa apa tahun depan  (Tahun 2023, red)apa mau  dilaksanakan lagi Toraja Carnaval?….para penonton saat itu dengan suara yang kompak memberikan persetujuan.

“Ya, Toraja Carnaval dilaksanakan lagi tahun depan, terima kasih pak JRM,” kata para pengunjung.

Sharon bersama Sharonation sebutan fansnya 


Menyikapi respon pengunjung, JRM mengajak dukungan semua elemen untuk saling bergandengan tangan dalam menyukseskan Toraja Carnaval dimasa-masa mendatang, guna meningkatkan kunjungan wisatawan dan meningkatkan pendapatan ekonomi UMKM pada umumnya.

Disebutkan JRM,sebetulnya tahun lalu event ini akan dilakukan tapi karena pandemi covid sehingga baru dapat dilaksanakan di Tahun 2022 ini.

“Toraja Carnaval akan kita lakukan setiap tahunnya supaya di tahun 2025 mendatang menjadi agenda nasional dan dibiayai oleh Kementrian Pariwisata. Saya minta doa dan dukungan masyarakat agar semuanya dapat berjalan lancar demi Toraja,” harapnya.

Ditambahkan, Toraja Carnaval mampu memberi kontribusi dalam meningkatkan usaha UMKM dan hotel baik di Tana Toraja  dan Toraja Utara.

Bukan hanya itu, lanjut JRM, tapi Toraja Carnaval mampu membuktikan anak milineal berkreasi sehingga jalan kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

Anak milienal mampu membangun. Untuk itu, JRM mengajak Pemerintah daerah dan DPRD agar senantiasa memberikan  kesempatan kepada anak milenial untuk berkarya.

“Mari  bergandengan tangan dan kerjasama yang baik sehingga harapan besar ini diwujukan dalam peningkatan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Dengan bijak, JRM menyadari bahwa dalam pelaksanaan Toraja Carnaval ini masih ada kekurangan. Untuk itu, dirinya berharap agar kekurangan-kekurangan itu jangan dijadikan konsumtif, tapi berikanlah masukan yang positif, dan yang sudah positif berikanlah semangat.

“Secara pribadi kepada Pemkab, DPRD dan Forkopimda agar dimaafkan jika ada kekurangan, yang jelas niat saya baik. Saya datang dari Papua untuk membangun Toraja,” kunci JRM.

Sementara sambutan Bupati Tana Toraja yang diwakili Kadis Kebudayaa Pemkab Tana Toraja, menyampaikan titipan salam Bupati dan Wabup. Katanya, Bupati dan Wabup tak hadir karena ada kesibukan lain yang tak kalah pentingnya.

Dikatakan, keberhasilan Toraja Carnaval ini  karena berkat Tuhan dan panitia pelaksana. Juga, karena terciptanya koordinasi pemerintah pusat, provinsi dan daerah dengan panitia.

“Pemkab Tana Toraja apresiasi Toraja Carnaval ini, juga apresiasai kepada anak milineal yang dikomandani oleh JRM. JRM sebagai motivator,” kata Kadis Kebudayaan Pemkab Tana Toraja. (kirei).

Iklan