Iklan

Iklan

,

Iklan

Puncak HUT PMTI Ke 18,Dihadiri Bupati Mamasa dan Bupati Se -Luwu Raya

Redaksi
24 Apr 2022, 16:42 WIB Last Updated 2022-06-20T04:06:04Z
A D V E R T I S E M E N T

Ketua Umum PMTI ,Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumba.

 


TORAJAKUNEWS.COM,RANTEPAO - Puncak acara Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) yang dilaksanakan di halaman Tongkonan Sangulele Gereja Toraja ,sukses digelar.


Peringatan Hari Ulang Tahun PMTI ke-18 yang berlangsung selama 6 hari dari tanggal 18-23 April 2022 yang di kemas dalam Toraja pulang kampung dengan berbagai kegiatan yang mendorong tumbuhnya aktivitas ekonomi masyarakat, sosial budaya, lingkungan hidup dan peningkatan spiritualitas masyarakat.Sabtu ,23 April 2022.

Ketum PMTI dalam sambutannya, mengatakan kesuksesan kegiatan perayaan HUT PMTI patut disyukuri dan dipersembahkan kepadanTuhan atas rahmatNya kegiatan dapat berjalan dengan baik dan penuh hikmat

"Tujuan dari kegiatan ini, adalah pertama mensyukuri Ulang Tahun ke-18, kedua memperkenalkan PMTI kepada pemerintah dan masyarakat  yang hadir dan sekaligus merupakan ajang silahturahim antara PMTI dan kita semua dalam rangka membangun perdaudaraan yang saling peduli dan saling mengasihi, yang ke tiga sebagai salah satu upaya meningkatkan PAD" kata Ketum PMTI .

"kami berdoa silaturahim ini diberkati oleh Tuhan dan menjadi semangat baru untuk menapaki jalan kehidupan yang Tuhan berikan, semoga kegiatan ini berdampak untuk  kita semua.Tuhan memberkati kita semua, dan mohon maaf atas segala kekurangan yang terdapat didalam  acara ini, yakin bahwa dalam setiap persaudaraan Christ is a nougth" ungkap Ketum PMTI .

Masih kata Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumba dalam sambutannya juga mengucapkan banyak terimah kasih kepada semua pihak yang turut mensukseskan kegiatan Hut PMTI yang dirangkaiankan dengan beberapa kegiatan hingga sukses sampai tanggal 23,  Ketua Umum PMTI juga mengucapkan banyak terimah kasih atas hadirnya Pemerintah Provinsi sulawesi selatan yang di hadiri oleh Gubernur Sulsel Andi sudirman melalui virtual (daring), Bupati dan wakil bupati Mamasa Bupati Luwu, Bupati Luwu Utara, Bupati Luwu Timur,  Wali Kota Palopo, Kombespol Andarias, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, Tokoh Wanita dan Tokoh Adat bersama Forkopimda.

Ia juga menjelaskan bahwa Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia lahir dari perkumpulan-perkumpulan Masyrakat Toraja di seluruh dunia.

" PMTI ini lahir dari perkumpulan-perkumpulan masyarakat di seluruh dunia, di Jakarta membahas bagaimana membuat satu organisasi di tingkat skala nasional dan internasional, maka berkali- kali pertemuan itu diadakan oleh tokoh masyarakat bahkan bupati Tana Toraja dan Toraja Utara juga terlibat dalam memberikan support morilnya,juga beberapa anggota DPRD Tana Toraja boleh hadir dan banyak pejabat- pejabat negara yang sudah banyak membantu dan berasal dari Toraja juga ikut ambil bagian, Gereja juga ikut maka lahirlah PMTI" .ungkapnya.

Tambahnya, sebagai orang Toraja seharusnya selalu memakai baju asli Toraja yang menandahkan bahwa kecintaan terhadap Daerah dan terus melestarikan adat dan budaya Toraja.

"100 orang berangkat dengan baju Toraja dari rumah masing-masing, Toraja itu adalah daerah wisata yang unggul , kita ini harus bangga kita  punya rumah adat Toraja terbanyak di dunia. kalau kita tidak bangga siapa lagi". jelasnya.

Di hari Ulang tahun PMTI ke 18 Ketua umum PMTI berharap secara seksama memajukan pariwisata guna menambah kesejahteraan masyarakat Toraja, adanya program PMTI selama 5 tahun kedepan ini dengan harapan akan membawa hasil yang baik untuk kemajuan dan kesejahteraan  masyarakat Toraja

"PMTI bersama-sama dengan pemerintah daerah komponen lainnya kita majukan pariwisata kita,  kita majukan bidan-bidang lainnya untuk kesejahteraan masyarakat Toraja. mudah-mudahan program-program PMTI lima tahun kedepan yang semuanya untuk masyrakat Toraja di kampung halaman akan membawakan hasil yang baik untuk kemajuan dan kesejahteraan masyrakat Toraja" Kunci Ketua Umum PMTI Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumba

Hadir dalam acara tersebut yakni Pj.Sekda Toraja Utara, Bupati Mamasa, Bupati Luwu, Bupati Luwu Utara,,Bupati Luwu Timur,  Wali Kota Palopo, Mantan Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin ,Kombespol Andarias,Ketum BPS GT Alfred Anggui, Ketum PWGT ,Ketua DPRD Tator Welem Sambolangi,Ketua DPRD Torut Nober Rantesiama ,Anggota DPRD Prov Sulsel Jhon Rende Mangontan dan Esra Lamban,Anggota DPRD Torut , Mantan Kadis PUPR Papua Djuli Mambaya, Forkopimda dan Pengurus pusat PMTI.(Kirei)

Iklan