Iklan

Iklan

,

Iklan

Legislator Provinsi Sulsel,Sosialisaai Nilai -nilai Kebangsaan Empat Pilar di SMA Barana' Torut

Redaksi
14 Nov 2021, 13:44 WIB Last Updated 2021-11-15T05:39:05Z
A D V E R T I S E M E N T

 

Anggota DPRD Provinsi Sulsel ,Drs. Esra Lamban saat menyampaikan sambutannya terkait nilai-nilai kebangsaan di SMA Barana' Toraja Utara,Sabtu, 13 November 2021.

TORAJAKUNEWS.COM,RANTEPAO- Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Fraksi PDI Perjuangan Drs.Esra Lamban, kembali melaksanakan sosialisasi nilai-nilai kebangsaan "Kepahlawanan" ,yang kali ini dilaksanakan di Aula SMA Kristen Barana,jalan buntu pamabi' buntu barana' Kelurahan Tikala , Kecamatan Tikala,Toraja Utara. Sabtu, 13 November 2021.

Sosialisasi tersebut di hadiri ratusan siswa - siswi SMA Kristen Barana' ,terkait sosialiaasi 4 pilar yakni Pancasila ,UUD 1945 , Bhineka Tunggal Ika dan NKRI .yang dibawakan oleh Narasumber Pdt. DR. Johana R .Tangirerung .M.Th, didampingi Kepala Sekolah SMA Kristen Barana Yusuf Pongsibidang dan Dina Gasong sebagai moderator .

Legislator Provinsi Sulsel ini ,saat usai sosialisasi di SMA Barana mengatakan ,"saya secara pribadi merasa berterimakasi ,karena sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini ,ternyata setelah diskusi dan adakan tanya jawab harapan kita terjawab. Dikarena apa yang kita berikan kepada mereka, feedbacknya kembali ke kita,ketika kita adakan pertanyaan ternyata daya tangkap mereka diatas rata-rata .

"Apa yang di sampaikan diluar bahwa SMA Barana' merupakan sekolah unggulan yang ada di Toraja Utara ,sesuai dengan kenyataan yang ada ,yang saya lihat pada hari ini. kata Esra

Lanjut kata Anggota DPRD Provinsi Sulsel ini katakan, berkunjung ke SMA Barana' dalam rangka sosialisasi 4 pilar kebangsaan ,lantaran terkesan bahwa sekolah ini dianggap salah satu sekolah unggulan yang banyak melahirkan putra - putri Toraja yang cerdas .

"Saya ke SMA Barana' karena diluar itu gaungnya besar ,makanya saya kesini dan ternyata memang siswanya pada pintar - pintar .ujarnya.

Ia juga katakan bahwa Sekolah SMA Barana' perlu lebih di tingkatkan lagi ,baik Pemerintah Kabupaten ,Provinsi dan Pusat .Dapat bersinergi untuk bisa lebih memikirkan bagaimana kwalitas pendidikan yang ada di SMA Barana untuk lebih ditingkatkan lagi .

Anggota DPRD Provinsi Sulsel ,Drs. Esra Lamban poto bersama di Aula SMA Kristen Barana' Toraja Utara ,Sabtu ,13 November 2021.

Ditambahkan Kepala SMA Kristen Barana ,Yusuf Pongsibidang katakan syukur sekali bahwa Bapak Esra dari DPRD Provinsi untuk datang penyampaikan atau mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan ,dimana 4 pilar ini sangat penting bagi generasi kita terutama masalah NKRI itu penting sekali .

"Saya berharap dimasa -masa yang akan datang beliau masih punya kesempatan untuk datang membina generasi kita khusunya yang ada di SMA Barana'. kunci Yusuf .

Sementara itu, Pdt. DR.Johana R .Tangirerung .M.Th,selaku pemateri dalam sosialisasi nilai - nilai kebangsaan empat pilar saat ditemui usai memberikan materinya katakan saya kira Ini adalah program yang bagus political wil semua unsur untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan buat siswa-siswa kita , karena empat pilar kebangsaan ini sebuah hal yang sangat prinsip yang harus ditanamkan kepada generasi muda kita ,khususnya siswa-siswa kita.Karena mereka yang akan memegang estafet ,kalau tidak di tanamkan nilai-nilai ini maka ada nilai-nilai lain yang akan mengisi mereka .

"Maka itu hal - hal yang terkait dari nilai - nilai kebangsaan mesti di implementasikan oleh semua pihak, misalnya tantangan non militer . Karena persoalan kita saat ini adalah soal idiologi dan sosial budaya sangat rawan ,itu bisa dipake semua orang sebagai ancaman non militer ,karena ancaman non militer itu sulit dilawan selain melawannya dengan nilai-nilai kebangsaan empat pilar,kalau ancaman militer bisa dilawan dengan senjata ,tapi kalau non militer idiologi kita ,rasa kesatuan ,rasa kebangsaan kita itu sudah tergerus oleh budaya - budaya asing dan pengaruh-pengaruh idiologi lainnya seperti yang kita kwatirkan saat ini ,maka negara kita harus kuat disitu.pungkasnya

Diketahui Legislatir Provinsi Sulsel ini terpilih di daerah pemilihan Luwu Raya ,dan saat ini melaksanakan Sosialisasi nilai-nilai kebangsaan di Toraja Utara.Hal tersebut boleh dilaksanakan untuk sosialisasi tentang nilai- nilai kebangsaan, diluar itu tidak boleh .

"Kemarin saat kami rapat RDP dengan pihak PU dan Pertamina,lalu kami sampaikan ke Sekwan bisa tidak nilai- nilai kebangsaan kita bergeser dari daerah pemilihan kita ke Dapil tetangga ,dan dikatakan memungkinkan kalau untuk sosialisasi nilai-nilai kebangsaan ".Pungkasnya. (kirei)

Iklan