Iklan

Iklan

,

Iklan

Positif Covid- 19 di Toraja Utara Bertambah Lima Orang

Redaksi
26 Nov 2020, 16:00 WIB Last Updated 2020-11-26T08:00:21Z
A D V E R T I S E M E N T


TorajaQnews.com
, RANTEPAO - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Toraja Utara kembali umumkan 5 (lima) warga terkonfirmasi positif Covid-19 per tanggal 26 November 2020.


Kelimanya tercatat sebagai Pasien konfirmasi berdasarkan hasil uji sampel swab PCR Balai Besar Laboratorium Kesehatan Dinkes Provinsi Sulsel, di Makassar dan Uji Swab TCM di RS Lakipadada.


Jubir GTPP Toraja Utara Anugerah Yaya Rundupadang jelaskan bahwa Pasien 49 berjenis kelamin Perempuan, berumur 58 tahun yang berdomisili di Sa’dan Malimbong , dengan riwayat perjalanan dari luar daerah,lula pasien 50 jenis kelamin Laki -laki berusia 43 tahun Domisili di Bolu kecamatan Tallunglipu .


Pasien 51, Perempuan berumur 63 tahun Domisili Sa’dan Malimbong. Pasien 52 Perempuan Umur 34, DomisiliKelurahan Rantepao.Kecamatan Rantepao.dan Pasien  53 berjenis kelamin perempuan berumur 25 tahun, berdomisili di Lembang  Bangunlipu, Balusu.


"Saat ini Kelima pasien yang terkonfirmasi positif covid- 19 sedang menjalani masa Isolasi di ruang perawatan dan juga  isolasi mandiri.terang Yaya sapaan akrabnya Kamis, 26 November 2020.


Masih kata Yaya  ,Penelusuran dan pelacakan saat ini juga sedang dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan GTPP Covid-19 Pemkab Toraja Utara dengan tetap memantau perkembangan kondisi pasien sesuai dengan protap penanganan Covid-19.


"Dengan adanya penambahan 5 ( lima) kasus baru per tanggal 21 November 2020 ini, Pasien terkonfirmasi positif di Toraja Utara kini berjumlah 53 orang dengan rincian status dirawat 2 orang ,sembuh 40 orang ,Isolasi 7 orang dan meninggal 4 orang ,Kata Yaya.


Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menghimbau kepada seluruh masyarakat agar semakin waspada ,  tidak keluar rumah kalau tidak ada kepentingan mendesak , taat  mematuhi Protokol Kesehatan pencegahan penularan Covid-19 dengan konsisten menerapkan 3 M : Rajin Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir. Menggunakan Masker tiga lapis dengan benar setiap waktu , senantiasa menjaga jarak minimal satu setengah meter. 


Lebih lanjut Jubir GTPP Torut katakan kepada seluruh masyarakat Toraja Utara harap Tidak berkerumun khususnya di upacara adat, dan bagi pelintas dari luar daerah  untuk karantina mandiri.


Meningkatkan imun tubuh dengan menjaga pola makan bergizi  seimbang, berolahraga dan istirahat yang cukup.


Bagi pelaku usaha taat dan  patuh menerapkan protokol  kesehatan  3 M dan menutup usahanya pada pukul  22.00 wita. 


Bagi sekolah yang terkait dengan adanya pasien konfirmasi, pembelajaran akan dialihkan kembali secara daring (offclass) .


"Bersama kita bangkit dan produktif dengan menerapkan Protokol Kesehatan untuk menangkal penyebaran Covid-19  pungkas Anugerah Yaya Rundupadang.(AT)

Iklan