Iklan

Iklan

,

Iklan

500 Bibit Pohon Sakura di Tanam di Kota Rantepao

Redaksi
15 Okt 2020, 20:47 WIB Last Updated 2020-10-20T12:50:32Z

 

Kepala UPT. KPH. Saddang II Toraja Utara, Gazali D. Ichsan, bersama stafnya menanam pohon Tabebuya atau Sakura Indonesia

TorajaQnews.com
, RANTEPAO - Kepala UPT. KPH. Saddang II Toraja Utara, Gazali D. Ichsan, bersama stafnya menanam pohon Tabebuya atau Sakura Indonesia.


Penanaman bibit pohon tabebuya dilakukan  disepanjang jalan poros Rantepao, dimulai dari depan Gedung Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja (BPS Gereja Toraja) hingga di pasar pagi rantepao.


Gazali D. Ichsan, terkait dengan penanaman pohon sakura indonesia, kamis ,15 Oktober 2020 katakan kami melakukan penanaman di tengah pembatas jalan sebab apabila kami tanam disekitar pinggiran trotoar nantinya merusak pohon tabebuya ini ketika ada pekerjaan proyek trotoar atau pelebaran jalan. 


"Hari ini adalah proses pembuatan lubang untuk penanaman bibit dan minggu depan direncanakan akan dilakukan penanaman bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara", Imbuh Gazali.


Lanjut Gazali jelaskan ,untuk saat ini bibit sudah siap sebanyak 500 pohon, dan bibit ini bantuan dari PT. Vale sebab sakura indonesia ini susah didapatkan dan harganya juga relatif mahal, jarak tanam yang digunakan untuk bibit ini adalah empat meter. Hal ini dilakukan tentu wujud support kita kepada Pemkab Torut untuk melakukan penghijauan lingkungan.


"Pohon tabebuya atau pohon sakura indonesia merupakan tanaman yang tahan terhadap kekeringan sehingga dapat tumbuh dengan baik di wilayah yang beriklim kering. Pohon ini Selain indah dipandang mata tanaman pohon tabebuya ini juga memiliki khasiat seperti bisa menjadi pupuk, obat dan teh herbal", pungkasnya.


Kegiatan penanaman pohon ini juga akan direncanakan penghijauan disekitar perkantoran Pemkab, namun dari segi pemeliharaan akan diserahkan kepada Pemkab.


"Kondisi tanah untuk tanaman ini cocok untuk Toraja sebab sebelum memilih jenis tanamannya kita melakukan observasi terlebih dahulu seperti kesesuaian lahan dan diyakini tanaman ini akan mempercantik kota", beber Gazali D. Ichsan.


"Sakura Indonesia jenis ini apabila tumbuh nantinya memiki daun yang warna kuning sebab jenis pohon tabebuya ini memiliki ciri khas warna tersendiri seperti warna kuning, ungu, putih dan pink dan kepada masyarakat diharapkan mari bersama sama menjaga dan memelihara kota rantepao ini menjadi  kota yang indah",  kunci Gazali D. Ichsan.(AT)

Iklan