Iklan

Iklan

,

Iklan

PMTI Sukses Menggelar Event HUT Pahlawan Nasional Pong Tiku,Bertajuk The Lagend Of Pong Tiku

Redaksi
10 Jul 2024, 22:39 WIB Last Updated 2024-07-10T22:13:02Z

Ketua harian panitia The Lagend Of Pong Tiku Harun Rante Lembang, ST ,bersama pengurus pusat PMTI usai menyerahkan piala ,piagam dan uang pembinaan Poto bersama .Rabu,10 Juli 2024.

 

RANTEPAO,TORAJAKUNEWS.COM-Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) , sukses menggelar event The Lagend Of Pong Tiku.

Anak muda Pangala' saat melakukan sisemba' dilapangan Pangala'. Rabu , 10 Juli 2024.

Dimana seluruh kegiatan ,mulai dari Olahraga Tinju di Rantepao dan tiga kegiatan lainnya yakni KKR, DERO dan Sisemba' di Pangala', Kecamatan Rindingallo berlangsung sangat meriah,antusias warga sangat besar yang memenuhi lapangan Pangala'.


Pada Selasa malam ,9 Juli 2024 di gelar KKR yang dipimpin Pdt.Mell Atock.Usai kegiatan KKR, dilanjutkan tarian Dero dihadiri ribuan muda-mudi dari berbagai pelosok daerah ini ,di lapangan  Pangala' . Membuktikan bahwa kegiatan The Lagend Of Pong Tiku , sangat sukses digelar.

Tarian Dero di laksanakan oleh puluhan group peserta dari Palopo , Luwu Raya, Morowali,Tator dan Torut.Selasa ,9 Juli 2024 malam.

Keesokan harinya,tepat tanggal kelahiran Pahlawan Nasional Pong Tiku Rabu,10 Juli 2024 bertajuk The Lagend Of Pong Tiku, digelar to Sisemba' lagi-lagi juga sangat meriah, dimana warga larut dan tumpah ruah masyarakat turun ke lapangan melakukan sisemba',saat usai upacara HUT Pahlawan Nasional Pong Tiku di gelar oleh pemerintah daerah kabupaten Toraja Utara.


Sebelumnya,digelar kegiatan Napak tilas, yang juga diikuti ribuan siswa -siswi dari berbagai sekolah menengah atas di daerah di Sulawesi Selatan.Napak tilas tersebut, star dari monumen Pahlawan Nasional Pong Tiku di Singki' Rantepao melewati wilayah sereale ,Ke'pe dan beberapa daerah lainnya hingga finish di lapangan Pangala'.


Usai kegiatan pemberian piala,piagam serta uang pembinaan kepada seluruh pemenang lomba HUT Pahlawan Nasional Pong Tiku, Ketua harian panitia The Lagend Of Pong Tiku Harun Rante Lembang, ST yang tak lain Anggota DPRD Kabupaten Toraja Utara dalam sambutannya Rabu ,10 Mei 2024 mengatakan trimakasi kepada semua pihak yang telah membantu berpartisipasi dalam kegiatan ini .


"Secara khusus,kami atas nama Panitia harian mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ketua Umum PP PMTI Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa dan Bapak Sekjen PP PMTI Dating Palembangan yang telah menginspirasi acara ini sehingga kegiatan ini boleh kita laksanakan", ungkapnya.


"Terimakasih juga buat warga Pangala' ,Trimakasi Pak Koramil dan jajarannya juga pak Kapolsek beserta jajarannya. Serta trimakasi kepada adek- adek peserta Napak tilas yang telah berlelah-lelah,dan selamat kepada yang mendapatkan juara ",ucap Ketua Harian The Lagend Of Pong Tiku.


Terkait kegiatan to Sisemba', ketua harian The Lagend Of Pong Tiku katakan kegiatan to Sisemba', ini sebetulnya adalah kegiatan kearifan lokal ya, dimana setiap kali acara adat di daerah Pangala' ini, kegiatan Sisemba' ini sering dilaksanakan.Dalam ucapan syukur panen,juga sering kita lihat dilaksanakan.Kemudian beberapa tokoh adat katakan , bahwa sebelum-sebelumnya Pahlawan Nasional Pong Tiku ini beliau gemar melakukan ma' sisemba' ,makanya kita gelar kegiatan ma sisemba ini disini.


Pada saat melakukan sisemba' atau saling menendang satu dengan yang lainnya kepada lawannya sehingga merasa sakit ,namun menariknya setelah pulang dari tempat ini semua ditinggalkan , kalau ada yang sakit karena sisemba' ini tidak boleh didendam.Karena kita mengutamakan sportifitas.


"To sisemba' ini diikuti sekitar seribuan warga masyarakat Pangala' ,dan menariknya, ada juga peserta Napak tilas ikut meramaikan kegiatan Sisemba' ini .Karena sisemba' ini , membangkitkan tali persaudaraan.Sementara tarian Dero ini diikuti 30 group yang terdiri dari Palopo, Luwu Raya , Morowali, Tana Toraja dan Toraja Utara", tandasnya.


Harun Rante Lembang,ST juga menjelaskan terkait manfaat ekonomi dari kegiatan the Legent Of Pong Tiku ini kepada masyarakat Toraja Utara,baik saat kegiatan di Rantepao dan di Pangala'.



"tentu sangat banyak manfaatnya,mulai dari kegiatan Tinju Pong Tiku Cup yang digelar di lapangan bakti kemarin ,semua UMKM disekitarnya mendapatkan nilai positif.Mendapatkan nilai 200 persen keataslah ,hal yang sama juga di Pangala' ini . pungkasnya (*)

Iklan