Iklan

Iklan

,

Iklan

Kunjungi Desa Landorundun Masuk ADWI 50 Besar,Staf Ahli Kemenparekraf Kurleni Ukar: Supaya Desa ini Menjadi Alternatif Wisata di Indonesia

Redaksi
2 Jul 2024, 20:19 WIB Last Updated 2024-07-02T13:24:49Z

Staf ahli Kemenparekraf RI Kurleni Ukar ,saat kunjungi Desa Landorundun kecamatan Sesean suloara' masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) se- Indonesia.Selasa,2 Juli 2024.

 

RANTEPAO,TORAJAKUNEWS.COM-Hebat dari Ribuan Desa di Indonesia,Lembang (Desa) Landorundun Kecamatan Sesean Suloara', Kabupaten Toraja Utara,masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 se- Indonesia .

Staf ahli Kemenparekraf RI,Kurleni Ukar Poto bersama Wabup Toraja Utara,Camat ,Kepala Lembang dan lainnya.

Menariknya, Desa Landorundun mendapat kunjungan khusus dari Kemenparekraf RI, yang dipimpin langsung Staf Ahli Menteri Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kemenparekraf, Kurleni Ukar bersama rombongannya dari Jakarta,Selasa,2 Juli 2024.


Usai mengikuti seluruh rangkaian kegiatan kunjungannya di Lembang (Desa) Landorundun,Staf Ahli Menteri Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kemenparekraf, Kurleni Ukar kepada para awak media katakan Lembang (Desa) Landorundun ini masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI),nanti dari 50 besar Desa ini akan dipilih lagi oleh dewan juri mana yang masuk masing-masing kategori.

"Tujuan kami kesini,untuk mengangkat desa-desa wisata menjadi dikenal dipromosikan,supaya desa ini menjadi alternatif wisata di Indonesia.Karena kami mengangkat seluruh desa wisata di Indonesia ini lebih inklusif begitu .Tujuan utamanya ingin menggerakkan ekonomi masyarakat,jadi ketika sudah hadir ini menjadi pemasukan baru bagi masyarakat di desa itu", ungkapnya.


Dirinya juga mengatakan ada beberapa masukan tadi saya sampaikan diantaranya terkait kopi, sebetulnya kopinya itu bisa dijual yang beannya jangan yang bubuk,lalu ada beberapa aktivitas yang bisa dikembangkan disini .Tadi ada musik bambu ,itu bisa jadi aktivitas bagi wisatawan ,lalu banyak juga edukasi -edukasi yang bisa dikembangkan disini.


"Tantangan disini adalah akses jalan,akses jalan kesini itu luar biasa ya kalau tidak tahu bingung kesininya begitu.Jadi mudah-mudahan dengan diangkatnya Desa Landorundun ini jadi Desa Wisata,ada perhatian serius dari pemerintah daerah ,untuk bisa mengembangkan daerah disini",pungaksnya.


Ditambahkan Wakil Bupati Toraja Utara Frederick Victor Palimbong katakan kita bersyukur dari 70 ribu desa seluruh Indonesia,hanya ada 6 ribu desa wisata dan dari 6 ribu desa wisata Lembang Landorundun masuk 50 besar, berharap ikuti jejak Lembang Nonongan Selatan 10 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).


"Terkait aksesibilitas terutama jalan memang kita sadari,perlu penganggaran kembali, dulu sudah di anggarkan tapi ya gitulah.Tadi sudah ada penekanan,mudah-mudahan tidak waktu yang lama jalan disesean suloara' sampai ke Kapalapitu juga dibenahi.Dan kesini ini banyak akses alternatif, bisa lewat kalimbuang bisa lewat Tikala dan bisa lewat Pangli ",


Dan terkait promosi Wakil Bupati Toraja Utara katakan Promosi itu di Dinas Pariwisata, ada memang bidang promosi.Saat ini, bagaimana teman-teman di OPD Pariwisata bisa mengoptimalkan anggaran untuk melakukan promosi.


"Nah promosi itu jangan di daerah kita, promosi itu harus diluar.Tidak ada promosi efektif, optimal,kalau promosi didalam daerah sendiri.Kita akan promosikan itu ke Wisatawan Domestik dan wisatawan Mancanegara.Dan selama ini, promosi kita tidak Optimal ",pungkas Dedy Palimbong sapaan akrabnya.(*)

Iklan