Iklan

Iklan

,

Iklan

HUT Gereja Toraja Ke 77 Tahun,Ratusan Elemen Masyarakat Tanam Ribuan Pohon di Tiga Hulu Sungai Sa'dan

Redaksi
11 Apr 2024, 17:36 WIB Last Updated 2024-04-11T23:06:55Z
A D V E R T I S E M E N T

Ketua Panitia HUT 77 Tahun Gereja Toraja Ishak Pasulu' bersama Letkol ARM Bani Kelana Sepang Dandim 1414/Tator saat di Tongkonan Rante Karonanga,melepas ratusan elemen masyarakat dan puluhan personil TNI menanam ribuan pohon di tiga hulu sungai . Kamis ,21 April 2024.

 

RANTEPAO,TORAJAKUNEWS.COM-Ratusan warga masyarakat tergabung dalam berbagai kelompok organisasi bersama puluhan Personil Kodim 1414/Tator ikut menanam ribuan pohon di hulu sungai sa'dan,dalam rangka hari jadi Gereja Toraja yang ke 77.

Penanaman pohon oleh Sekdis PML Yaya Rundupadang di hulu sungai Marin .

Bertempat di Tongkonan Rante Karonanga Lembang Ulu Salu,Kecamatan Sa'dan menjadi tempat distribusi pohon dan pengambilan pohon sebanyak 2800, lalu di tanam di tiga titik lokasi hulu sungai,di antaranya to' sarang-sarang, Marin dan duri.Kamis,21 April 2024.


Ketua panitia HUT Gereja Toraja yang ke 77 Ishak Pasulu' yang di temui di Tongkonan Rante Karonanga kepada Torajakunews.com mengatakan hari ini dilaksanakan penanaman pohon di tiga titik yang menjadi hulu sungai Sa'dan, yang pertama itu di To' sarang -sarang dengan menanam seribu pohon, kemudian di Marin juga menanam sekitar seribu pohon dan di duri delapan ratus pohon sehingga total seluruh pohon 2800.


"Kita sangat bersyukur bahwa spontanitas semua elemen masyarakat sangat tinggi , sangat antusias dihari ini untuk ikut menanam pohon.Nah ,ini membuktikan bahwa kecintaan anak-anak muda untuk lingkungan masih sangat tinggi ,hal ini perlu kita pelihara dan dorongan sehingga mereka betul-betul punya rasa memiliki untuk memelihara lingkungan ini", ungkapnya.


Masih kata Ketua Panitia HUT 77 Tahun Gereja Toraja katakan nanti sore ada sembilan perahu karet yang akan refling di sepanjang sungai turun kebawah akan ikut menanam pohon di sepanjang bantaran sungai.Jadi hari ini juga, ada penaman pohon di sepanjang bantaran sungai yang dilaluinya.


"Total lobang yang akan ditempati menanam pohon 2.800 sehingga elemen masyarakat yang ikut tinggal menanam pohon saja , dan juga di bantu masyarakat menanam pohon sebanyak 700 pohon", katanya.


Dirinya juga berpesan bahwa sungai adalah sumber kehidupan dan sungai ini adalah sebuah kekayaan yang luar biasa bagi kita masyarakat Toraja Utara .Dan bukan hanya menghidupi Toraja Utara, tetapi juga menghidupi Kabupaten Tana Toraja , Kabupaten Enrekang, Kabupaten Sidrap bahkan Pindrang.


"Karena menjadi sumber kehidupan,sehingga kepedulian kita kepada sungai ini kita terus kita harapkan.Dan tentu, kita terus dorong untuk bagaimana masyarakat mulai mencintai sungai.Jadi seluruh kegiatan yang kita lakukan ini ,itu betul-betul mengkampanyekan sungai agar dijaga kelestariannya ", tandasnya 


Ditambahkan Dandim 1414/Tator Letkol ARM Bani Kelana Sepang mengatakan Hari ini ada tiga titik lokasi penanaman pohon di sarang-sarang,Marin dan Duri,dimana sekitar 60 personil TNI dari Kodim/1414 Tator ikut menanam pohon di hulu sungai sa'dan.


"Ini kita turunkan sekitar 60 orang anggota ditiap-tiap titik supaya terbagi,kami dari Kodim bersinergi apalagi ini kegiatan positif penanaman pohon sejalan dengan program Pak Kasad.Kita hijaukan Indonesia , apalagi di Toraja sering kejadian tanah longsor. Kehidupan dimulai dari sungai,kita perbaiki sungai ,kita menanam pohon supaya alam kita senantiasa terjaga kelestariannya ", tandasnya.


Berikut elemen masyarakat yang ikut menanam pohon,komunitas mobil off-road yang dipimpin langsung Julianto Mapiley Mantan anggota DPRD Kabupaten Toraja Utara sekaligus Caleg DPRD Toraja Utara yang terpilih, Komunitas Motor Trail, Komunitas AAT, PPGT, Mahasiswa UKI Toraja serta masyarakat disekitar hulu sungai sa'dan.(*)

Iklan