Iklan

Iklan

,

Iklan

Festival Sungai Sa'dan Berlangsung Meriah, Ketum BPS Gereja Toraja: Rawat Sungai Sebagai Sumber Kehidupan

Redaksi
13 Apr 2024, 08:58 WIB Last Updated 2024-04-13T02:05:56Z
A D V E R T I S E M E N T

Ketua umum BPS Gereja Toraja,Pdt.Dr.Alfred Anggui,M.Th,didampingi Wakil Ketua Panitia sekaligus Sekdis PML Anugerah Yaya Rundupadang saat acara Festival Sungai Sa'dan di Tongkonan To' Barana'. Jumat,12 April 2024.

 

RANTEPAO,TORAJAKUNEWS.COM-Festival Sungai Sa'dan dalam rangka Hari Ulang Tahun Gereja Toraja (HUT-GT) yang ke 77,di gelar di Tongkonan To' Barana', Kecamatan Sa'dan,Kabupaten Toraja Utara.

Tim Dance at the river  JLO 

Kegiatan tersebut,berlangsung meriah dengan tema "mengalirlah air sungai kehidupan" yang dilaksanakan mulai tanggal 10 -13 April 2024.Dengan beberapa kegiatan, diantaranya lomba dance at the river, refting ,cerita anak dan lainnya. Sehingga acara Festival Sungai Sa'dan itu berlangsung meriah.Jumat ,12 April 2024.


Ketua umum BPS Gereja Toraja Pdt. Alfred Anggui yang ditemui di lokasi kegiatan festival sungai Sa'dan kepada para awak media mengatakan hari pertama ada Kegiatan ibadah raya satu ,ada sangkaremen baptisan Kudus.Dan air yang diambil dari sungai Sa'dan,adalah karunia Tuhan untuk mengingatkan kita jangan membuang sampah kebawah,jangan mengotori dan itu secara simbolik.

"Kemarin ,selain ada ceramah -ceramah edukasi agar tidak mengotori sungai dengan membuang sampah.Dan intinya kemarin kita melakukan menanam pohon di hulu sungai sa'dan dengan menanam 3500 pohon dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.Ada komunitas Off road,AAT, KRIPA ,Komunitas Motor Trail ,Mahasiswa dan PPGT.Bahkan puluhan personil Kodim 1414/Tator turun langsung dengan Pak Dandim ", ucapnya.


Lanjut kata Ketum BPS Gereja Toraja Pdt  Alfred Anggui juga menyampaikan bahwa penanaman pohon kemarin tersebut, seminggu sebelum penanaman lobang sudah di gali oleh ratusan volunteers dan kemarin dilaksanakan penanaman ribuan pohon itu.


"Dan hari ini,ada ribuan warga masyarakat Toraja lintas agama yang turun ke sungai . Tadi kami menyapa rekan-rekan yang menanam pohon dan membersihkan sungai. Sekali lagi kami berharap,ini gerakan masiv untuk mencintai sungai,merawat sungai sebagai sumber kehidupan bagi kita semua ", jelasnya .


Selain itu Ketum BPS Gereja Toraja juga berharap agar kegiatan Festival Sungai Sa'dan ini menjadi ajang kegiatan setiap tahun ,dan didukung penuh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dan Tana Toraja .


"Kita berharap kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan agar event ini menjadi kegiatan setiap tahunnya,dimana air sungai sa'dan ini menghidupi beberapa kabupaten. Dan kalau bisa kabupaten itu ikut terlibat dalam event ini ", tandasnya.


Diakhir lomba dance at the river ya g jadi juara 1 adalah Tim dari Palopo ,juara 2 tim Sangayoka Sangalla',juara 3 tim Alun-alun. Lalu yang jadi Juara harapan 1 tim PWGT Palopo,Juara harapan 2 Tim YKGT RS. Elim . (Kirei)

Iklan