Iklan

Iklan

,

Iklan

Bupati Torut Pimpin Pembersihan Material Longsor Jalan Poros Alang-alang-Madandan, Kini Jalan Dapat Dilalui

Redaksi
8 Mar 2024, 15:14 WIB Last Updated 2024-03-09T23:04:15Z
A D V E R T I S E M E N T

Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang didampingi Kadis PUTR,Kadis BPBD dan Kadis Sosial,saat pembersihan material tanah longsor di jalan poros alang-alang -madandan.Jumat ,8 Maret 2024.

RANTEPAO,TORAJAKUNEWS.COM- Pemerintah Kabupaten Toraja Utara ,Gerak cepat membersihkan material longsor yang jalan poros alang-alang ke Madandan tepatnya berdekatan dengan Gereja Toraja Jemaat Langda,Lembang Langda,Kecamatan Sopai.

Bupati Toraja Utara saat mengarahkan operator loader dalam pembersihan material tanah longsor.Jumat,8 Maret 2024.

Jalan tersebut merupakan jalan menghubung  kabupaten Toraja Utara dan Tana Toraja, tembus ke Rantetayo Tana Toraja eks Bandara Pongtiku.


Pembersihan material longsor dipimpin langsung Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang,dengan sigap mengarahkan operator loader yang diturunkan dinas BPBD Toraja Utara untuk membersihkan material yang menutupi badan jalan,dan disemprot air dari dinas Damkar sebanyak 4 Mobil Damkar.Jumat,8 Maret 2024.


Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang saat melakukan pembersihan secara manual bersama warga masyarakat.

Disela-sela pembersihan material tanah longsor di Lembang Langda,Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang kepada para awak media mengatakan kejadian ini kemarin malam,dan sesuai dengan kondisi kemarin malam itu ,kami belum bisa turun langsung karena hujan lebat dan gelap. Sehingga kami menunggu situasi yang memungkinkan baru kita turun tangan .


"Nah kita berterimakasih,masyarakat bahu membahu,tolong menolong untuk membersihkan akses jalan ini.Karena akses jalan ini,menghubungkan antara Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara . Sementara kami bekerja secara manual, sambil kita menunggu alat berat datang",kata Ombas sapaan akrab Bupati Toraja Utara ini.

Warga masyarakat Langda gotong royong membersihkan material tanah longsor.

Lebih lanjut kata Ombas,tentu dalam situasi musim hujan seperti ini ,ya memang peluang besar memang untuk terjadi longsor.Oleh karena itu ,saya himbau kepada masyarakat selalu waspada dan siap untuk selalu mengantisipasi hal seperti ini 


"Saya percaya pagi ini kita tuntaskan jalan ini, sehingga akses jalan ini kembali dilalui oleh warga masyarakat,baik warga masyarakat dari Tana Toraja ke Toraja Utara dan sebaliknya juga demikian "pungkas Bupati Toraja Utara.

Kepala BPBD Toraja Utara Alexander Tiku.

Ditambahkan Kepala BPBD Toraja Utara Alexander Tiku katakan kejadian longsor ini terjadi kemarin malam sekitar jam 7 ,dan kemarin juga kami berkunjung kesini bersama beberapa dinas terkait .Namun situasi tidak memungkinkan karena tadi malam curah hujan semalaman semakin tinggi, sehingga evakuasi tidak dilakukan tadi malam . Kenapa tidak dilakukan,karena pertolongan emergency dipandang tidak ada yang darurat sehingga di tunda.Dan Pagi hari ini evakuasi pembukaan akses Jalan terlaksana.


"Untuk sementara bencana tanah longsor ini tidak ada korban jiwa.Ada rumah yang korban satu,kebetulan ada mayat disimpan didalam rumah itu untuk dipersiapkan dimakamkan.Alat yang digunakan disini satu loader, satu Excavator serta empat unit mobil damkar dan beberapa senso pemotong kayu dari dinas BPBD Toraja Utara "Ungkap Alexander Tiku Kaban BPBD Toraja Utara.


"Terimakasih dari jajaran dinas PU ,dinas Penanggulangan Bencana semua turun.Terlebih pimpinan kami sebagai Bupati sebagai kepala daerah langsung turun tangan dari jam 6 pagi sudah berada disini. Dan kami akan Tuntaskan jalan ini ,dan tidak pulang sebelum selesai.Hari ini juga kami tuntaskan kemungkinan 2 sampai 3 jam tuntas ",tambah Kaban BPBD Toraja Utara ini.


Robertus Mendila warga masyarakat Langda.

Turut hadir dalam pembersihan material tanah longsor jalan poros alang-alang -madandan Kadis PUTR Paulus Tandung, Kadis Pertankim Roby Popang ,Kadis Sosial ,Plt.Camat Sopai , Kapolsek Sopai, Kalem Langda ,Kalem Nonongan , Babinsa dan Bhabinkamtibmas Sopai serta warga masyarakat Langda.

Akses Jalan Alang-alang -Madandan usai di dibenahi oleh Pemerintah daerah kabupaten Toraja Utara.Jumat,8 Maret 2024.

Diketahui akses jalan poros alang-alang -madandan yang longsor kemarin,kini sudah bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat. Tak kurang dari tiga jam alat berat loader dan excavator serta empat unit mobil pemadam kebakaran menyemprotkan jalan yang ada material tanah longsor, sehingga saat ini sudah dapat dilalui.(*)

 

Iklan