Iklan

Iklan

,

Iklan

PSU di TPS 4 Lembang Salu Sukses di Gelar, Randy Komisioner KPU: Semuanya Berjalan Dengan Kondusif Aman dan Tertib

Redaksi
23 Feb 2024, 23:17 WIB Last Updated 2024-02-24T15:20:47Z
A D V E R T I S E M E N T

Randy Tambing Komisioner KPU Toraja Utara saat pelaksanaan PSU di TPS 4 Lembang Salu Kecamatan Sopai,Jumat,23 Februari 2024.

 

RANTEPAO,TORAJAKUNEWS.COM-Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang di gelar Komisi Pemilihan Umum (KPU)Toraja Utara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 4 Kalintiong Lembang Salu, Kecamatan Sopai sukses digelar.Jumat,23 Februari 2024.


Adapun total suara sebanyak 120 Pemilih tetap,2 diantaranya pemilih mobile dikarenan sakit dan tidak melihat (buta).Dan suara sah usai pencoblosan yakni 114 suara sah dan 6 suara tidak sah .


PSU tersebut digelar, berdasarkan hasil rekomendasi dari Panwascam yang di teruskan ke Bawaslu Toraja Utara kemudian ditindaklanjuti oleh KPU Toraja Utara,maka PSU yakni Pilpres, DPR RI, DPRD Provinsi Sulawesi Selatan,DPD RI digelar.


Randy Komisioner KPU Toraja Utara divisi bidang Hukum dan Pengawasan yang ditemui di lokasi TPS 4 Kalintiong Lembang Salu Kecamatan Sopai katakan untuk PSU di TPS 4 Lembang Salu Kecamatan Sopai ini semuanya berjalan dengan kondusif aman dan tertib, hal ini sesuai dengan harapan kami selaku penyelenggara.


"Bersyukur pada hari ini ,PSU di TPS 4 Lembang Salu kegiatan berjalan dengan kondusif,baik aman dan tertib. Ada empat TPS yang PSU diataranya TPS Kapalapitu, TPS Awan Rantekarua ,TPS Rantepao dan TPS Sopai kita berharap semua berjalan dengan aman, lancar dan kondusif " Jelasnya.


"Terjadinya PSU ini dikarenakan Kurang tegas atau lemahnya pengawasan saat pemilihan  digelar tanggal 14 Februari 2024 di TPS 4 Kalintiong Lembang Salu Kecamatan Sopai", pungkasnya.


Ditambahkan Komisioner Bawaslu Toraja Utara Bonnie Freedom katakan Pada hari ini ada 4 TPS digelar PSU secara serentak yang dilaksanakan di kabupaten Toraja Utara.


"Kami hadir dari Bawaslu Kabupaten Toraja Utara,secara berjenjang berbagi melaksanakan fungsi -fungsi pengawasan pencegahan terhadap potensi-potensi dugaan pelanggaran yang mungkin saja terjadi didalam pemungutan suara ulang ini .Tapi di TPS 4 Lembang Salu ini dari pagi hingga sore ini ,kami boleh hadir disini dan semua berjalan dengan lancar hingga penghitungan suara selesai dilaksanakan ", Jelas Bonnie Freedom mantan Ketua KPU Toraja Utara dua periode.


Berikut hasil perolehan suara PSU di TPS 4 Kalintiong Lembang Salu Kecamatan Sopai,

Capres -cawapres Nomor 1.Anis -Muhaimin memeroleh 5 suara , Capres -cawapres nomor 2 Prabowo -Gibran memperoleh 83 suara dan Capres -cawapres nomor 3 Ganjar -Mahfud memperoleh 28 suara .


Caleg DPR RI dari Partai Gerindra Nomor 1. Latinro 2 suara ,A.Abdy Baramuli 19 suara .

Caleg DPR RI dari PDIP Nomor Urut 1 . Sarce Bandaso T 26 suara ,Nomor 2.Herman Opy S. 2 suara dan Nomor 5 Golda Titing 1 suara dan Partai 3 suara .Caleg Golkar nomor urut 2 Nasrul Rahman 1 suara , nomor 5 Agustina Mangande 15 Suara .


Nasdem Nomor Urut 3 Eva Stevani Rataba 10 suara, Partai Demokrat nomor urut 1.M Dhevy Bijak 11 suara ,Nomor 2 . Irjen Pol (Purn) Frederick Kalalembang 6 suara dan Nomor urut 3 Dewi Sartika Pasande 13 suara.Dan untuk DPD RI,Nomor 14  Lili Amelia Salurapa' 28 suara dan Nomor 16. Pdt.Musa Salusu 76 suara .


Sementara untuk Caleg Provinsi, PDIP nomor urut 1 Dan Pongtasik 4 suara , Nomor 2. Kahar Useng 2 Suara dan Nomor 3 . Sriyanti Irene Pailang 32 suara dan 4 suara Partai.


Partai Golkar , nomor urut 1.Yariana Somalinggi 2 suara ,Fhireno Sakti Bassang 24 suara ,Tikurara Bumbungan 1 suara.


Gerindra Nomor urut 1. Firmina Tallulembang 14 suara ,nomor 2 .dr .Semuel Pali Buli 2 suara ,Nomor urut 3.Drs.Calvyn Tandiarrang 1 suara ,Dan Partai Nasdem ,nomor 2 .Ratte Salurante 1 suara dan nomor 3 . Yosia Rinto Kadang 17 Suara .


Hingga selesainya perhitungan suara PSU di TPS 4 Kalintiong Lembang Salu, berjalan aman dan kondusif , turut serta dalam PSU tersebut Komisioner KPU Toraja Utara Randy Tambing,Komisioner Bawaslu Toraja Utara Bonnie Freedom.



PPK Kecamatan Sopai Welem Merapai , Andarias Tana,PPS dan KPPS ,Allen Manaek Lande Panwascam Sopai , serta pengamanan dari Pihak Polri dipimpin Kapolsek Sopai dan jajarannya bersama Personil Babinsa Kodim 1414/Tator .(*)


Iklan