Iklan

Iklan

,

Iklan

Bawaslu Toraja Utara Gelar Bimtek Penyusunan Keterangan Tertulis Bawaslu, Brikken:Sangat Penting Dalam Proses Hasil Perselisihan Pemilu

Redaksi
27 Feb 2024, 20:56 WIB Last Updated 2024-02-27T12:56:58Z
A D V E R T I S E M E N T

Ketua Bawaslu Toraja Utara, Brikken Linde Bonting, SH,MH,saat menyampaikan kata sambutannya dihadapan peserta bimtek di Heritage hotel, Selasa, 27 Februari 2024.


RANTEPAO,TORAJAKUNEWS.COM- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Toraja Utara gelar Bimbingan Teknis penyusunan keterangan tertulis Bawaslu.Yang digelar selama dua hari ,Selasa,27-28 Februari 2024.


Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Toraja Utara Brikken Linde Bonting,SH,MH ,dikuti sebanyak 83 peserta Panwascam dari 21 Kecamatan se- Kabupaten Toraja Utara.Digelar di ruang serbaguna Heritage hotel, Selasa ,27 Februari 2024.


Sebelum kegiatan dimulai ,diawali dengan hening cipta untuk salah seorang pengawas TPS di Tondon bernama Palallung,

meninggal dunia dalam tugas.


Dalam sambutanya Ketua Bawaslu Toraja Utara menyampaikan sekaitan teknis penyusunan keterangan tertulis Bawaslu , saya kira ini sangat penting dalam proses hasil perselisihan pemilihan umum.Dan saya kira juga keterangan tertulis ini adalah merupakan hal yang sangat luar biasa karena dijadikan sebagai alat bukti dan juga sampai perselisihan sampai di tingkatan mahkamah konstitusi(MK) nantinya jika terjadi PHPU (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum)


"Jadi sabar-sabar saja ,saya sudah sampaikan kita harus terbiasa dibawah tekanan.Dan memang kerja-kerja kita seperti itu,ada saatnya kita juga menekan.Kita berharap ditempat ini,kita mau menyatukan persepsi bersama-sama dalam proses persiapan kita menuju rekapitulasi tingkat Kabupaten", ungkap Brikken.


Brikken juga menyampaikan tentang pentingnya komunikasi, koordinasi dan konsolidasi terhadap Bawaslu di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.


"Tadi bersama pimpinan Bawaslu tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Andarias Duma', kami di Misiliana.Kami juga menyampaikan bahwa tentunya komunikasi,koordinasi , konsilidasi antara penyelenggara.Tetapi jangan hanya di ujung komunikasi intensnya, konsolidasinya di ujung.Biasa tujuh hari sebelum baru mari kita koordinasi Panwaslu Kecamatan dan PPS yang seharusnya dari awal sudah Komunikasi,koordinasi dan konsolidasi ", Ungkap Brikken Linde Bonting mantan Ketua KNPI Toraja Utara dua periode.


Brikken Linde Bonting juga berharap agar kedepannya sesama penyelenggara pemilu, agar saling mensupport dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab masing-masing sesuai tupoksinya.


"Kita berharap kedepan kita bersama-sama punya aturan berbawaslu ke KPU. Tetapi mari kita juga sama-sama saling mensupport dalam melaksanakan tugas kita masing-masing sesuai tupoksi kita", ujarnya


Dalam bimtek penyusunan keterangan tertulis Bawaslu ,Ketua Bawaslu Toraja Utara juga mengatakan saya yakin teman-teman semua begitu capek/lelah ,namun kita harus sampai di fhinis bersama-sama .


"Nanti setelah selesai proses di tingkat pusat ,baru kita dapat bernapas lega.Dan kami berharap teman-teman dapat mengikuti materi yang ada untuk betul-betul menjadi perhatian kita.Kalau ada yang sulit dikoordinasikan,di komunikasikan supaya kita boleh mengurai setiap persoalan yang ada ", pungkas Ketua Bawaslu Toraja Utara ini.


Turut hadir dalam Bimbingan tehnik penyusunan keterangan tertulis Bawaslu yakni Komisioner Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan Andarias Duma', Komisioner Bawaslu Toraja Utara Bonnie Freedom,dua Narasumber dan 83 Peserta dari 21 Panwascam se Kabupaten Toraja Utara.(*)

Iklan