Iklan

Iklan

,

Iklan

KPU Toraja Utara Gelar Simulasi Pemungutan Suara di TPS 002 Tongkonan Pangra'pa,Ini Tujuannya

Redaksi
29 Jan 2024, 21:34 WIB Last Updated 2024-02-02T04:31:29Z
A D V E R T I S E M E N T

Komisioner KPU Toraja Utara Semuel Rianto Tappi saat memantau situasi simulasi Pemungutan suara di TPS 002 Tongkonan Pangra'pa Lembang Sangbua Kecamatan Kesu',Senin,29 Januari 2024.

 

RANTEPAO,TORAJAKUNEWS.COM-Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara,menggelar Simulasi Pemungutan, Perhitungan dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara serta penggunaan sirekap dalam pemilu tahun 2024.


Kegiatan tersebut dilaksanakan,di Tongkonan Pangra'pa di TPS 002 Pangra'pa ,Lembang Sangbua, Kecamatan Kesu' . Dimana Simulasi riil sebanyak 904,dan DPT di TPS 002 sebanyak 229 Orang.Senin,29 Januari 2024.


Semuel Rianto Tappi ,Komisioner KPU Toraja Utara Divisi Bidang Tehnis kepada para awak media dilokasi kegiatan mengatakan hari ini, digelar Simulasi Pemungutan,Perhitungan dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara serta penggunaan sirekap dalam pemilu tahun 2024.Hal ini, berdasarkan surat PKPU no 25 tahun 2023 Komisi Pemilihan umum ( KPU).


"Kegiatan ini merupakan respon surat dari KPU RI wujud dari pelaksanaan PKPU RI nomor 25 tahun 2023 tentang pemungutan dan perhitungan suara di pemilu 2024, dan sekaligus juknis keputusan KPU RI no 66 tentang pedoman petunjuk dan tehnis. Karena pemungutan suara yang lalu yang dilaksanakan di KPU itu bukan PKPU 5 dengan Juknis no 66 itu belum keluar.Nah sekarang ini,PKPU nomor 55 dan juknis 66 sudah keluar,dimana ada beberapa perubahan itu yang di yang kemudian disesuaikan. Makanya ada simulasi ", jelas Semuel Rianto Tappi.


Ditambahkan Semuel Rianto Tappi,bahwa kegiatan ini,tujuannya agar supaya KPPS ,PPS ,PPK dan jajarannya penyelenggara itu bisa paham betul-betul dimana titik-titik krusial dari sebuah pelaksanaan pemungutan suara serta perhitungannya .


"Dalam kegiatan ini ,kita juga ingin tahu dimana titik-titik identifikasi kelemahan dari pemungutan dan penghitungan suara, sehingga dihari H nanti itu kita sudah bisa tutupi awal. Sehingga saat pemilihan di tanggal 14 Februari 2024 itu bisa berjalan dengan normal ", kuncinya.


Dalam kegiatan sosialisasi simulasi Pemungutan, Perhitungan dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara serta penggunaan sirekap dalam pemilu tahun 2024. Turut hadir Kabag Ops Polres Toraja Utara Kompol Marthen T,Babinsa dari Kodim 1414/Tator, Kepala Lembang Sangbua,Kepala dusun dan ratusan warga masyarakat Sangbua.(*)

Iklan