Iklan

Iklan

,

Iklan

Gas Melon 3 Kilogram Langka,Warga Serbu Operasi Pasar di Lapangan Bakti Dengan Harga Rp21 Ribu

Redaksi
18 Jan 2024, 14:43 WIB Last Updated 2024-01-18T08:08:30Z
A D V E R T I S E M E N T

Matius Lati,Pengelola Agen PT.Sinar Ratte LPG bersama jajarannya terkait,saat menyalurkan gas elpiji tiga kilogram di lapangan bakti kecamatan Rantepao. Kamis,18 Januari 2024.

 

RANTEPAO,TORAJAKUNEWS.COM-Dinas Perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Kabupaten Toraja Utara menggelar Operasi Pasar LPG alias Gas Melon bersubsidi 3 kilogram(kg) yang gelar di Lapangan Bakti Rantepao, Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Kamis ,18 Desember 2024.


Tak tanggung-tanggung, ratusan warga masyarakat mengantri untuk mendapatkan gas melon 3 kilogram tersebut dengan harga Rp21 ribu dan setiap warga hanya bisa membawa dua tabung.


Gas Melon, LPG Bersubsidi 3 kg disiapkan oleh dua agen yakni PT Sinar Ratte dan PT HM.Yunus Kadir di lapangan bakti Rantepao , sebanyak 1.120 tabung.


Ratusan masyarakat Rantepao terlihat antri untuk medapatkan LPG bersubsidi 3 kg. Pemerintah Toraja Utara mewajibkan masyarakat mendapat 2 tabung LPG bersubsidi 3 kg.


Pengelola PT.Sinar Ratte yang juga Agen LPG bersubsidi 3 kg, Matius Lati terkait operasi pasar mengatakan hari ini kita menggelar operasi pasar bersama Disperindag untuk menyalurkan kepada warga masyarakat dua truk LPG bersubsidi 3 kg dengan total 1.120 tabung gas,dimana dalam satu truk berisi tabung sebanyak 560 tabung .


"Penyaluran gas 3 kg bersubsidi yang digelar saat ini di lapangan bakti berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini dilakukan,agar warga masyarakat tahu betul harga yang sebenarnya ,kalau membeli dengan harga yang terlalu ketinggian bisa dilaporkan ke pangkalan agen atau ke Pemerintah Daerah Toraja Utara .Jadi kalau ada laporan dari Pemda bahwa ada pangkalan "NAKAL" menjual gas tiga kg terlalu tinggi dari harga sesungguhnya ,bisa Pemda berikan surat kepada kami agar kami memberikan skorsing kepada agen itu", .Jelas Tiu' sapaan akrabnya.


Matius juga berharap dengan adanya operasi pasar hari ini kita bisa mengurangi kelangkaan gas tiga kg di Kabupaten Toraja Utara.


Terjadinya kelangkaan gas tiga kg,karena banyaknya kebutuhan kita meningkat di bulan Desember 2023 dan Januari 2024 sementara pasokan kuota kita berkurang. Kouta khususnya ke kami Agen Sinar Ratte yang masuk setiap hari hanya 2.240 , sehingga kami berharap kepada pemerintah khususnya di bulan Desember dan Januari agar Koutanya di tambah " , harap Matius Lati.


"Untuk mengatasi kelangkaan gas tiga kg di bulan Desember dan Januari karena ,saya minta kepada pemerintah daerah untuk bersurat kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan agar menambah Kouta tahun depan sebanyak 1.120 khusus untuk bulan Desember dan Januari ", pungkas Matius Lati.


Penyaluran tabung gas elpiji tiga kilogram hari ini di Kecamatan Rantepao. Dan agen yang mensuplai dari PT Sinar Ratte dan PT HM.Yunus Kadir


Diketahui Gas LPG (gas melon) 3 kilogram bersubsidi ini ,diduga menjadi langkah sejak masuk awal bulan Januari 2024.Disebabkan padatnya acara Rambu Solo' (Kedukaan) dan Rambu Tuka' (acara kesukaan) selama bulan Desember dan Januari.Adapun harga dipasaran mencapai Rp35 ribu hingga Rp40 ribu .


Turut hadir dalam operasi pasar Gas elpiji 3 Kilogram di lapangan bakti,yakni Kepala bidang perekonomian Yotar Popang bersama jajarannya ,Camat Rantepao Rony Kalasuso , Personil Polres Toraja Utara,Surya Manga Satpol PP bersama jajarannya.(*)

Iklan