Iklan

Iklan

,

Iklan

Buka Event THF ke 3 ,Wabup Torut: Pemda Terus Mendukung UMKM dan Membangkitkan Pariwisata

Redaksi
27 Okt 2023, 20:19 WIB Last Updated 2023-10-27T12:21:13Z
A D V E R T I S E M E N T

Wakil Bupati Toraja Utara Frederick Victor Palimbong saat menyampaikan kata sambutannya sekaligus membuka event Toraja Highland Festival (THF) ke 3 tahun 2023, Jumat malam ,26 Oktober 2023 di lapangan Kodim 1414/Tator.


RANTEPAO,TORAJAKUNEWS.COM- Event Toraja Highland Festival (THF) tahun 2023 dibuka langsung oleh Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong di Lapangan Kodim 1414/Tator, Jalan Pongtiku, Kecamatan Rantepao,Kabupaten Toraja Utara, Kamis ,26 Oktober 2023,malam.


THF ketiga kalinya digelar itu didukung penuh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara.


Wabup Toraja Utara Frederick Victor Palimbong akrabnya disapa Dedi Palimbong dalam sambutannya menyampaikan event THF pertama pada tahun 2021 membawa berkah bagi daerah saat itu dengan kerjasama antar panitia dan pihak Bank Indonesia (BI) dimana event yang menjadi tongkat bangkitnya pariwisata Sulawesi Selatan pasca Covid-19.


“Saat itu kita mengenal dan belajar kegunaan QRIS, perputaran ekonomi yang menguntungkan para UMKM, karena Masata bersama panitia konsisten membangun pariwisata dałam membantu pemerintah daerah,” ujarnya.


Lanjut Dedi yang juga Ketua PMI Toraja Utara itu bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab Toraja Utara telah turut hadir membantu walau dengan keterbatasan daerah.


“Saya berharap THF akan masuk dalam karisma event nusantara yang nantinya menjadi agenda pariwisata nasional Kementrian dan tentu membawa banyak keuntungan bagi daerah kita ini,” ungkapnya.


Menurutnya, melalui Masata sebagai bagian dari pemerintah daerah akan terus mendukung UMKM dan membangkitkan pariwisata melalui event-event.


Diselenggarakan oleh Masyarakat Sadar Wisata (Masata) DPC Toraja Utara yang bekerjasama dengan komunitas Toraja Cycling Community (TCC), Sirampuan Massura (seniman lukis) dan pengurus Dodo Pandin (pasangan putra-putri terbaik Toraja), Kinawa Art Studio, PAPPRI Toraja Utara, Tambolang Outdoor, Pokja Bunda Paud dan IGTKI Toraja Utara. 


Sementara Ketua Panitia THF 2023, Sukmawati menyampaikan kegiatan THF ketiga meliputi Pemilihan Dodo’ dan Pandin, Lomba Mural dan lomba band tingkat pelajar, Fun Bike Jelajah Desa Wisata, Gebyar Paud 1.000 penari cilik dan 200 peserta lomba mewarnai tingkat TK, senam pagi bersama GOW, lomba permainan tradisonal, pagelaran tari, live music, games serta pameran UMKM dan kuliner.


“Dari event ini diharapkan mampu memberi hal positif kepada masyarakat, khusunya generasi milenial dalam meningkatkan kreativitas anak muda untuk memberi diri berkontribusi mendukung pariwisata,” ujarnya.


Tak lupa Sukma menyampaikan terima kasih terhadap sponsor mulai dari perbankman, pengusaha dan produk minuman dan juga pihak Kodim 1414 Tana Toraja yang telah memberi tempat pelaksanaan event selama tiga hari.


Sementara Ketua Masata Toraja Utara, Damayanti Batti menyampaikan harapan melalui THF yang telah dilaksanakan selama tiga tahun ini mendapat dukungan dari berbagai pihak sehingga dapat masuk dalam karisma event nusantara pada tahun 2024.


“Sejak awal kami komitmen untuk kembangkan pariwisata dan sektor pengembangan SDM dengan melatih anak muda sebagai penyelenggara festival sehingga kedepan hadir anak muda yang punya kreativitas dan mengajak generasi muda,” ungkapnya.


Damayanti menuturkan semakin banyak pengunjung dan wisatawan asing ke Toraja maka semakin kuat perekonomian di daerah kita cintai bersama ini.


“Masata juga berkomitmen mendukung seni baik itu seni rupa, musik, tari dengan bukti pâmerai 1.000 lukisan karya anak muda Toraja di perpustakaan daerah, turut kembangkan kerajinan UMKM, kuliner dan kopi andalan Toraja,” pungkasnya.


Menurutnya, melalui Masata sebagai bagian dari pemerintah daerah akan terus mendukung UMKM dan membangkitkan pariwisata melalui event-event. 


Dalam pembukaan event THF ke 3 turut dihadiri jajaran Forkopimda Toraja Utara, para Kepala OPD, pihak Bank Sulselbar dan sejumlah sponsor serta tamu undangan.(*)

Iklan