Iklan

Iklan

,

Iklan

Redaksi
14 Apr 2023, 16:51 WIB Last Updated 2023-04-14T08:51:48Z
A D V E R T I S E M E N T

Suasana di lokasi Pohon Tumbang akibat cuaca ekstrim,hujan keras disertai angin kencang di Jalan Poros Makale -Rantepao Lembang Tadongkon Kecamatan Kesu',Jumat,14 April 2023.

 

RANTEPAO,TORAJAKUNEWS.COM- Akibat hujan deras dan disertai angin kencang, yang sudah dua hari melanda Kabupaten Toraja Utara pada siang sampai sore  mengakibatkan banyaknya pohon tumbang, seperti sore ini di jalan Poros Makale-Rantepao. Tepatnya di Buntu Buaya , Lembang Tadongkon , Kecamatan Kesu' .Jumat,14 April 2023.


akibat pohon tumbang di Lembang Tadongkon arus lalulintas utama terputus, akan tetapi BPBD Torut bergerak cepat melakukan penanganan darurat dengan segera menurunkan tim untuk memotong dan memindahlan pohon tumbang yang menutupi jalan poros Makale-Rantepao dengam menggunakan mesin chainsaw dan alat berat buldoser.


Kepala Markas Daerah (Kamada) PMI Kabupaten Toraja Utara , Yaya Rundupadang yang dihubungi dilokasi mengatakan Pohon tumbang yang terjadi di Lembang Tadongkon tepatnya di Buntu Buaya yang menutupi jalan poros mengakibatkan macet panjang ,hal serupa  juga menimpa jalan di daerah Ranteallo Kecamatan Tallunglipu, serta di daerah tondon.


Akibat pohon tumbang karena cuaca ekstrem ini menimpa jaringan kabel listrik yang mengakibatkan beberapa Lembang (Desa) padam, seperti di Kecamatan Buntao. 


"warga dimohon untuk berhati-hati dan jika tidak ada keperluan mendesak untuk tetap di dalam rumah saja, menyikapi cuaca ekstrim saat ini, jelas Kepala Markas Daerah  ( Kamada) PMI Kabupaten Toraja Utara , Yaya Rundupadang yang tak lain mantan Sekdis Komimfo SP Toraja Utara.


"Karena kesiapsiagaan dan kecepatan  tim penanganan kedaruratan BPBD Toraja Utara,sesaat setelah mendapat informasi tim segera meluncur ke lokasi Pohon Tumbang dan dengan peralatan yang terbatas , Pohon Tumbang yang cukup besar ini dengan cepat bisa disingkirkan, sehingga arus lalulintas di Jalan Negara ini sudah bisa kembali dilalui kendaraan". Pungkas mantan Sekdis Komimfo SP Toraja Utara.(yop)

Iklan