Iklan

Iklan

,

Iklan

Buka Musrenbang Tahun Anggaran 2024, Ombas : Buat Perencanaan Skala Prioritas Pembangunan

Redaksi
4 Apr 2023, 15:18 WIB Last Updated 2023-04-09T12:35:22Z
A D V E R T I S E M E N T

Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang saat menyampaikan sambutannya di Musrenbang TA 2024 di Heritage Hotel ,Jumat,31 Maret 2023.

 

RANTEPAO,TORAJAKUNEWS.COM- Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Toraja Utara Tahun Anggaran 2024 tema "Pengembangan Iklim Demokrasi dan Pemantapan Struktur Perekonomian Daerah.


Kegiatan Musrenbang RKPD Tahun Anggaran 2024 dilaksanakan di Heritage Hotel Jumat,31 Maret 2023 dihadiri Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sulawesi Selatan, Amson Padolo, S.Sos., M.Si,


Dalam arahannya, Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang mengatakan Musrenbang merupakan kegiatan yang sangat strategis dilaksanakan, mengingat pentingnya forum ini agar semua stakeholder yang terlibat memberikan masukan, usulan prioritas yang realistis dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat.


"Diharapkan melalui Musrenbang TA 2024 membuat perencanaan skala prioritas pembangunan ,sebab ada beberapa agenda Nasional yang dilaksanakan ke depan .Salah satunya, adalah pemilihan umum sehingga tentu menggunakan anggaran yang tinggi .Maka melalui kesempatan ini, diharapkan sinergitas dari seluruh stakeholder untuk segera mengusulkan skala prioritas pembangunan dalam Musrenbang ,sebelum menjelang beberapa agenda Nasional penting yang akan diselenggarakan kedepannya".Jelas Ombas sapaan akrabnya.


Sementara dalam Laporan Panitia Pelaksana, Yohanis Rerung Sau', SP., M. Si (Kepala Bapelitbangda Kabupaten Toraja Utara) melaporkan Musrenbang adalah forum strategis yang dilaksanakan dan tindak lanjut Musrenbang yang telah dilaksanakan di tingkat Kecamatan maupun Musrenbang Anak.


"Sesuai amanat Permendagri No. 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang RPJPD dan RPJMD, serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD Kabupaten Toraja Utara Tahun 2024 dengan tema "Pengembangan Iklim Demokrasi dan Pemantapan Struktur Perekonomian Daerah" .Dan sumber biaya pelaksanaan kegiatan dari APBD T. A 2023 Dokumen pelaksanaan Bapelitbangda Kabupaten Toraja Utara", Ungkap Kepala Bapelitbangda Kabupaten Toraja Utara dalam laporannya.


Mewakili Gubernur Sulsel, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sulawesi Selatan, Amson Padolo, S.Sos., M.Si mengatakan Pelaksanaan Musrenbang Tahun ini kita patut syukuri karena pembatasan akibat Covid-19 sudah tidak ada, dan diharapkan Musrenbang di Tahun 2024 lebih maksimal dalam penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan demi Mewujudkan Pemerintahan dan masyarakat Provinsi Sulawesi Selatan lebih sejahtera.


"Perlu dicermati bahwa dalam penyusunan dokumen RKPD yang diselenggarakan dalam Musrenbang bertujuan menentukan arah dan kebijakan Pemerintah dengan mempertimbangkan aspek politis tanpa melanggar kaidah yang ada dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Optimis menekan angka kemiskinan di Sulsel didukung program-program yang ada", jelas Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sulawesi Selatan.


Kegiatan Musrenbang RKPD Ttahun Anggaran 2024 dihadiri Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik V. Palimbong, ST, Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja, Erianto L. Paundanan, S.H., M.H, Dandim 1414 Tana Toraja Letkol. Inf. Monfi Ade Chandra, Ketua DPRD Kab. Toraja Utara, Nober Rante Siama', dan stakeholder terkait lainnya. 


Juga Turut hadir dalam kegiatan Musrenbang Para Kepala OPD Se Pemkab Toraja Utara, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Setda, Para Kepala Kantor Instansi Vertikal, Para Camat, Para Kabag, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Insan Pers dan stakeholder terkait lainnya hadir mengikuti Musrenbang RKPD Kabupaten Toraja Utara Tahun 2024.(Om Yopi .S) 


Iklan