Iklan

Iklan

,

Iklan

Senator Lily AS Laksanakan Kegiatan Ngopi Aja di Ruang Pola Marante Torut

Redaksi
23 Nov 2022, 21:18 WIB Last Updated 2022-11-23T22:44:15Z
A D V E R T I S E M E N T

Senator Lily Amelia Salurapa yang sekaligus Ketua TTB ,saat menyampaikan kata sambutannya tetkait Pengembangan Kopi Toraja agar kembali Jaya seperti dulu, Rabu,23 November 2022.

 

TORAJAKUNEWS.COM,RANTEPAO - Anggota DPD RI Lily Amelia Salurapa,laksanakan acara Ngobrol Kopi Toraja (NGOPI AJA) dengan tema Revitalisasi Hulu Kopi Toraja,Titik awal gerakan bersama untuk peningkatan jumlah kopi origin Toraja ,di Ruang Pola Perkantoran Pemkab Toraja Utara Marante.Rabu ,23 November 2022.


Senator asal Sulawesi Selatan ini dalam sambutannya menyampaikan saya bersyukur kita boleh bertemu disini, sebenarnya saya bukan pakar kopi walaupun sejak SD sudah minum kopi ,kalau malam saat belajar cangkir sudah penuh minum kopi belajar sampai jam 12 malam .Dan itu memang bermamfaat, dan katanya memang bagus untuk jantung.

Sebagai Ketua Toraja Tourism Board (TTB) Lily Amelia Salurapa (LAS) Perhatiann terhadap hasil produksi Kopi Toraja yang semakin menurun padahal dari jaman  puluhan tahun lalu ,terkenal sampai ke mancanegara nikmatnya dan kualitas kopi Toraja .

"Toraja Tourism Board (TTB) selalu melihat kami bersama Pak Panca ,Pak Willy untuk berkolaborasi setiap apapun kegiatan di Toraja kami muncul mendukung, sekarang ada kegiatan kongres GMKI ke 38 yang dibuka oleh Pak Gubernur Sulsel di ex Bandar Udara Pongtiku di Rantetayo dan Pak Gubernur pengapresiasi kongres bisa berjalan dengan baik sampai selesai." Kata Senator Lily Amelia Salurapa Yang Juga Ketua TTB .

Lebih jauh kata Ketua TTB Lily,sekarang acara Toraja Tourism Board kami bersama-sama mengatakan kegiatan ini supaya kita tahu sejauh mana perkembangan kopi yang mana Toraja itu terkenal juga karena kopinya yang sangat digemari di Jepang dan Mancanegara.Dan saya ingat sekali Pak Litha Brand sebagi pe export kopi disana di jemur berton-ton kopi dijemur dijalan gunung Merapi tapi sekarang sudah tidak ada .Apakah sebabnya barangkali bapak /ibu bisa memberikan masukan untuk kita cari jalan keluarnya tentunya.

"Saya mau dengar aspirasi dari masyarakat yang ada bersama kita hari ini , juga terkait dengan Toarco jaya sejauh mana fungsi perannya kepada masyarakat di Toraja ,karena sejak saya kecil sudah ada Toarco jaya sampai saya sudah ubanan tetap ada eksis hingga kini.Saya rasa itu bermamfaat mungkin berbagai hal yang bisa kita diskusikan dengan Toarco jaya,bersama -sama dengan pakarnya membahas Kopi dan pengembangannya.Saya hanya sebagai jembatan untuk kita membuat kegiatan ini supaya kita bertemu dan membahas tentang kopi seperti apa kedepannya ,apa kira-kira hambatannya sehingga kelak kita dapat mengembalikan kejayaan kopi di Toraja, yang sudah terkenal di Mancanegara  " .Kunci Lily Amelia Salurapa' Anggota DPD RI Asal Sulawesi Selatan.

Acara NGOPI AJA (Ngobrol Kopi Toraja) dibuka langsung oleh Wabup Toraja Utara Frederick Victor Palimbong didampingi Kadis Pertanian Lukas Pasarai Datubarri, Panca Sarungu 'dan Edi Kende Suma ,Ketua Asosiasi Petani Kopi Toraja.

Acara Ngopi Aja Sebagai narasumber Utama yakni :
Lukas Pasarai Datubarri ,SP, Kepala Dinas Pertanian Toraja Utara,Sulaiman Mi'ting, Pengusaha Kopi,Edi Kende' Suma, Ketua Asosiasi Petani Kopi Toraja,Thomas Upping, Perwakilan Koperasi Toraja Utara,
Irvan Helmy, Co-founder & Director of Anomali Coffee,Gilang M. Hehanusa, Praktisi Kopi Sulawesi Selatan.Dan sebagai Moderator Citra Wulandari - Owner Tori Coffee dan Q Grader Certification.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Toraja Utara Frederick Victor Palimbong, Sekda Torut Salvius Pasang, Willy Sabandar ,Panca Sarungu, Kepala Dinas Pertanian Lukas Pasarai , Damayanti Batti Ketua Masata Toraja,Yaya Rundu Padang, para asosiasi petani kopi ,penyuluh Pertanian dan para petani kopi .(*)

Iklan