Iklan

Iklan

,

Iklan

SMA Kristen Barana Raih Juara 1 FLS2N Tingkat Provinsi ,Melaju Ke Tingkat Nasional Mewakili Sulsel

Redaksi
14 Sep 2022, 08:22 WIB Last Updated 2022-09-14T00:24:03Z
A D V E R T I S E M E N T

Marthen Payung Langi,S.pd,M.Pd,Wakil Kepala Sekolah SMA Kristen Barana ,Kabupaten Toraja Utara .Dan siswanya saat pengambilan gambar vidio di wisama SMA Kristen Barana. Senin,13 September 2022.

TORAJAKUNEWS.COM,RANTEPAO -Prestasi membanggakan diraih Sekolah Menengah Atas (SMA) Kristen Barana, Kabupaten Toraja Utara .


Sekolah ini berhasil meraih juara pertama Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat provinsi. Dan, saat ini bersiap untuk berlomba di tingkat nasional mewakili Provinsi Sulawesi Selatan.

Wakil kepala sekolah SMA Kristen Barana' Kabupaten Toraja Utara menyampaikan telah banyak mengahsilkan siswa -siswi berprestasi disekolahnya,bahkan ditahun 2022 ini ada beberapa prestasi yang telah mereka raih.

Tak dipungkiri bahwa SMA Kristen Barana  adalah sekolah favorit yang berbasis asrama di Toraja Utara,dan telah banyak melahirkan anak didiknya meraih berbagai berprestasi di bidang sains,olahraga,karya tulis dan lainnya.

Ditemui diruangnya Wakil Kepsek SMA Kristen Barana Marthen Payung Langi ,SPd,M.Pd terkait prestasi di SMA Kristen Barana kepada Palopo pos mengatakan kita bersyukur melalui pembinaan -pembinaan baik akademik maupun non akademik yang kita lakukan terhadap siswa didik disini,ada beberapa prestasi yang mengharukan nama sekolah,nama kabupaten bahkan nama provinsi.

Prestasi Yang pertama yaitu Kompetisi sains nasional (KSN) tingkat Kabupaten keluar sebagai juara 1 umum tingkat Kabupaten Toraja Utara.Ada 11 anak didik kita yang mewakili ke tingkat provinsi,dari 11 itu ada dari Biologi, Ekonomi, biografi, Fisika, Informatika dan Komputer serta Matematika .

"Saat ini SMA Kristen Barana masuk 9 besar sekolah berprestasi di Sulawesi Selatan terkait dengan UTBK /SBMPTN.Dan satu-satunya dari wilayah 10 yang meliputi Enrekang,Tana Toraja dan Toraja Utara. Satu-satunya sekolah di Toraja Utara yang masuk kategori kalau secara nasional itu disebut seribu sekolah di Tingkat Nasional dari 23 ribu sekolah, jelas ini mengangkat nama wilayah 10 dinas pendidikan meliputi Kabupaten Enrekang, Tana Toraja dan Toraja Utara, dan tentunya Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan " .beber Marthen .

Selain itu Marthen juga beberkan prestasi siswanya yaitu karya tulis ilmiah esai yang dilaksanakan oleh fakultas MIPA Universitas Hasanuddin meliputi Sulawesi Selatan dan Tenggara. SMA Kristen Barana keluar sebagai juara 1 terkait dengan si merah yang menyehatkan teh Tendong (Teh Andong Merah).

"Melalui karya tulis ilmiah itu, anak-anak kita keluar sebagai juara 1 di Universitas Hasanuddin (Unhas) ,dan bahkan ada juga siswa yang juara 4 terkait dengan pengelolaan limbah asrama dan sekolah, yaitu Solusi Sekolah Lestari ,dan juara lainnya terkait dengan O2SN ada 1 anak kita yang mewakili Provinsi Sulawesi Selatan ke Tingkat Nasional dari Pencak silat.Ada dua di Sulawesi Selatan yang mengikuti,dan kita keluar sebagai juara 2 yang lolos di tingkat nasional."kata Marthen.

Lanjut kata Marthen,selain itu anak kita juga ikut Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) terkait film pendek dimana ada beberapa bidang yang diperlombakan di dalam situ,tetapi kita keluar sebagai juara 1 tingkat provinsi dibidang film pendek.

"Saat ini anak kita mulai mengambil gambar video di wisma SMA Kristen Barana eks Wisma Tikala, dan hari ini dikirim ke panitia,mewakili Provinsi Sulawesi Selatan ke tingkat nasional, itulah prestasi yang kita dapatkan di tahun 2022 ini .Dan saya mengapresiasi kepada anak-anak didik kami, atas prestasi yang mereka raih dengan susah payahnya.Mereka bisa meraih itu melalui guru-guru pembina mereka disekolah, sehingga bisa mengharumkan nama sekolah,nama kabupaten dan Provinsi ". Kunci Marthen Kepsek SMA Kristen Barana.(*)


Iklan