Iklan

Iklan

,

Iklan

Sidang Peninjauan Lokasi di SMAN 2 Torut, Kuasa Hukum Pemprov Sulsel : Obyek Sengketa Lapangan Gembira Salah Alamat

Redaksi
2 Agu 2022, 06:57 WIB Last Updated 2022-08-02T01:28:55Z
A D V E R T I S E M E N T

Para Siswa-siswi SMA Negeri 2 Toraja Utara ,membentangkan spanduk dan poster keluhan hati merrka saat sidang peninjauan lokasi oleh Hakim Pengadilan Negeri Makake Tana Toraja,Senin,1 Agustus 2022.

 

TORAJAKUNEWS.COM,RANTEPAO -Ketua Pengadilan Negeri Makale Tana Toraja Richar Edwin Basoeki, SH.MH bersama jajarannya sambangi SMA Negeri 2 Toraja Utara untuk melakukan Sidang Peninjauan lokasi,lanjutan gugatan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Senin ,1 Agustus 2022 .

Kehadiran para Hakim di sekolah tersebut disambut ribuan siswa-siswi SMA Negeri 2 Toraja Utara dengan membentangkan poster dengan berbagai keluhan mereka yang di tulis di poster .

Usai mengelilingi batas sekolah SMA Negeri 2 Torut , Kepala Pengadilan mengatakan , Trimakasi Apresiasinya kami tidak diganggu , biarlah proses hukum berjalan mungkin hanya itu ,dan kami akan kembali ke kantor dan seterusnya sidang kami beri waktu kesimpulan selama dua minggu ,kalau kirim tidak kirim tetap berialan,dan kalau dua minggu tidak kirim kami anggap tidak ada ,prosesnya sampai tanggal 15 Agustus 2022 hinggah jam 14 : 00 wita.

"Dengan demikian sidang kami nyatakan selesai ,dan sidang akan dibuka kembali tanggal 15 Agustus 2022 melalu sistem ed hoc.  Para pihak tetap dengan kesimpulannya dengan sistem ,baik dengan demikian sidang hari ini telah selesai dan sidang ditutup ," Ungkap ketua pengadilan di depan gerbang pintu masuk SMA Negeri 2 Torut .

Ketua Pengadilan Negeri Makale usai meninjau lokasi saat memberikan tanggapannya terkait sidang peninjauan lokasi sekaligus menutup sidang .


Sementara Mauli Yadi Rauf ,kuasa hukum Pemerintah Pemprov Sulsel/Gubernur Sulsel menjelaskan tadi telah dilaksanakan sidang agenda setempat,melihat lokasi objek sengketa yang menjadi gugatan perlawanan kami .

"Pertama bahwa lokasi objek sengketa perlawanan itu ,sudah bersertifikat ada dua . Obyek pertama itu bersertifikat yang ditempati sekolah dan ada bangunan dibelakangnya itu,bersertifikat sejak tanggal 8 Desember 1981 jadi lebih kurang 41 Tahun kenapa tidak perna digugat? dan kita sudah buktikan dipengadilan itu , kemudian obyek sengketa kedua yang dibelakang itu ,yang ditempati dinas kehutanan bersama kantor Samsat dan ada kantor pemerintah serta perumahan pegawai itu bersertifikat pada tanggal 15 Maret 1986 jadi itu kita kuasai lebih kurang 36 Tahun ". Jelas Mauli ,Biro Hukum Pemprov Sulsel.

Lebih jauh Mauli katakan ,Kemudian saksi fakta yang kami ajukan dipersidangan itu dari masyarakat adat ba'lele yang telah melakukan Ma'kombongan Menurut adat Toraja sudah di serahkan ke pemerintah, kemudian juga ada bukti yang diajukan oleh penggugat terdahulu yang kami jadikan terlawan satu diperkara ini meragukan sekali bukti P2 nya,itu meragukan sekali bahwa lapangan gembira (pacuan kuda) tidak berada di obyek yang dia gugat .Karena disitu menjelaskan berada di sebelah barat,berada di sebelah selatan, berada di sebelah Utara itu sama sekali tidak masuk kesini.

"Kemudian ada kejanggalan juga ,BRI dikatakan obyek sengketa hak tanahnya berada di sebelah barat, berarti disana dia punya tanah Inikan sebelah baratnya ini .Dia katakan sebelah timur di gugatan awalnya itu, sementara faktanya dilapangan BRI berada di sebelah barat obyek gugatan kami, intinya disitu.Terang Mauli Yadi Rauf.

Terkait dengan kwitansi tahun 1930 yang diajukan penggugat dikatakan Mauli Yadi Rauf bahwa itu adalah bukti pengakuan dan sangat amat meragukan ,sama yang dijelaskan tadi bahwa dia katakan berbatasan dengan sebelah selatan, berarti kalau dia berbatasan sebelah selatan berarti tanahnya berada disebelah sana ,inikan lapangan gembira semua.

"Kemudian disatu sisi pengakuan kwitansi ditahun 1930 yang diajukan,disatu sisi obyeknya berada di sebelah timur berarti disinikan. Ini lapangan gembira berarti didepan pintu gerbang SMA Negeri 2 Toraja Utara berarti disana harusnya ,lalu dihubungkan dengan gugatan awalnya mengatakan bahwa obyeknya berada yang dia gugat itu sebelah timur tetap disana berarti tanahnya disebelah sana sebenarnya tidak ditahu yang mana . Kemudian dipoint lanjutnya menjelaskan bahwa berada di sebelah timur berbatasan dengan pacuan kuda berarti disana jadi tidak jelas yang mana tanahnya yang dia maksud,jadi tidak termasuk sekolah dan kehutanan termasuk gugatan awalnya tidak ada disitu ,jadi jelas itu salah alamat ." Pungkasnya

Mauli Yadi Rauf,Kuasa Hukum pemprov sulsel didampingi kepsek SMAN 2 Torut dan Tokoh Masyrakat Ba'lele saat memberikan keterangannya kepada para jurnalis Toraja ,Senin,1 Agustus 2022.


Ditambahkan Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Toraja Utara Drs.Yulius Lamma Bangke' katakan kedatangan Hakim atau Ketua Pengaadilan dari Makale Tana Toraja hari ini, kami sangat senang supaya melihat langsung bagaimana batas-batas sekolah kami sesuai dengan sertifikat .

"Jadi sertifikat kami itu sertifikat asli atas nama tanah negara, itu berukuran 18 ribu meter persegi .Jadi sudah ditinjauh tadi oleh para Hakim dan Siswa -siswi mengadakan aspirasi tidak anarkis dan tidak melakukan hal -hal yang negativ hanya mempertahankan bahwa biarlah kami belajar .Jangan biarkan Mafia-mafia tanah merampas tanah kami ,dan itu sesuai yang disampaikan oleh orang tua kami yang merasa memiliki tanah ini dan memberikan kepada pemerintah ,yaitu seluruh masyarakat adat ba'lele ,dan juga tadi ada beberpa tokoh masyarakat ba'lele hadir untuk menyaksikan mengenai batas-batas tanah yang ada disekolah kami ini." Ujar Kepsek SMA Negeri 2 Toraja Utara .

Diketahui Tanah Lapangan Gembira ini awalnya Penggugat menggugat pemda Toraja Utara ,dan Toraja Utara kalah hinggah ke tingkat MA ,dan Setelah itu Dilanjutkan Pemprov Sulsel menggugat Pemda Torut bersama Penggugat Pemda Torut ,karena lahan tersebut adakah Aset Pemprov Sulsel dimana didalam lahan tersebut berdiri bangunan SMA Negeri 2 Torut, Samsat ,Dinas Kehutanan, PT. Telkom ,Pupuk ,Puskesmas ,Dinas Pemuda dan Olahraga dan GOR .

Turut hadir ,Kabag Hukum Toraja Utara Neti Palin bersama jajarannya ,Kepala Puskesmas dr .Yuspin ,Kadispora Yorry Lesawengan , Kepala UPT Kehutanan Toraja Utara , Perwakilan dari Samsat ,PT. Telkom .(alb)

 

Iklan