Iklan

Iklan

,

Iklan

HUT Toraja Utara Ke 14 Dihadiri Gubernur Sulsel, Ombas : Terimah Kasih Bantuannya Pak Gubernur

Redaksi
5 Agu 2022, 12:43 WIB Last Updated 2022-08-05T04:43:05Z
A D V E R T I S E M E N T

Gubernur Sulsel ,Andi Sudirman Sulaiman dan Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang saat menyampaikan kata sambutannya di HUT Kabupaten Toraja Utara ke 14 ,Kamis ,4 Agustus 2022.

 

TORAJAKUNEWS.COM,RANTEPAO -Puncak Peringatan Hari Jadi Kabupaten Toraja Utara ke 14 Tahun dengan tema “Bergerak Maju Menuju Toraja Utara Yang Mandiri, Berbudaya dan Berdaya Saing” dihadiri oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, ST, puncak perayaan tersebut berlangsung di Lapangan Bakti Rantepao, Kecamatan Rantepao,Kabupaten Toraja Utara,Kamis, 04 Agustus 2022.

Kehadiran Gubernur Sulawesi Selatan dsambut Oleh Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang, SE., M.Si dan Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Viktor Palimbong, ST bersama jajaran Forkopimda.

Dalam sambutannya, Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang menyampaikan rasa bangga dan ucapan terimakasih atas kehadiran Gubernur Sulawesi Selatan di Toraja Utara.

“Atas nama Pemerintah dan Masyarakat Toraja Utara kami ucapkan terima kasih dan merasa bangga atas kehadiran Bapak Gubernur Sulawesi Selatan bersama jajaran dan kehadiran bapak gubernur menjadi berkat bagi kami di Kabupaten Toraja Utara” Sambut Bupati Toraja Utara.

Bupati Toraja Utara yang akrab disapa Ombas juga menyampaikan terimakasih atas bantuan keuangan Pemerintah Provinsi kepada Kabupaten Toraja Utara.

“Terima Kasih juga kami haturkan atas bantuan Bapak Gubernur Sulsel melalui Bantuan keuangan Daerah kepada Pemerintah Kabupaten Toraja Utara sebesar Rp. 20 Milyar yang tujuannya untuk  membiayai empat ruas yaitu ruas singki - pemanikan, ruas  la’bo – kondoran, ruas sullukan- tandung, ruas karre penanian-karre limbong dan dimohon untuk ruas sa’dan –batusitanduk agar dilanjutkan, ruas poros tikala -pangala’-baruppu-toraja barat dilanjutkan” Ungkap Bupati Toraja Utara.

Gubernur Sulsel ,Andi Sudirman Sulaiman bersama Bupati Torut Yohanis Bassang ,Buoati Tator Theofilus Allorerung ,Wabup Torut Frederik Victor Palimbong dan para pejabat undangan lainnya.Kamis,4 Agustus 2022.


Bupati Toraja Utara memohon agar beberapa Aset Pemerintah Provinsi yang ada di lokasi eks pasar kalambe’ untuk dihibahkan dan segera akan dibangun alun-alun kota sehingga nantinya menjadi icon Toraja Utara karena salah satu syarat untuk menjadi kabupaten layak anak dan kabupaten sehat adalah kabupaten yang memiliki syarat untuk anak-anak bermain.

“perhatian serta kasih yang diberikan kepada masyarakat Toraja Utara pasti akan senantiasa dikenang, kepada seluruh masyarakat Toraja Utara agar senantiasa mendukung program pemerintah baik di tingkat kabupaten, tingkat provinsi bahkan tingkat pusat harus senantiasa di dukung sebab kalau bukan sekarang lalu kapan, kalau bukan kita lalu siapa”, Jelas Bupati Toraja Utara

Mengawali Sambutannya, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, ST menyampaikan Tahun ini kita mengusulkan dan sudah disetujui dari 20 PSN yang di usulkan dan yang disetujui 8 salah satunya adalah Bandara Buntu Kuni’ untuk perpanjangan jalur 800 meter, dan bagaimana membuat rute Toraja-Balikpapan.

“Andi Sudirman Sulaiman La Rampo Pameloi Toraya buktinya Rp. 411 Milyar sudah dikucurkan untuk Kabupaten Toraja Utara, Bantuan Keuangan Daerah yang disetujui dari sekitar Rp. 300 Milyar untuk 24 Kabupaten Kota, Kabupaten Toraja Utara mendapat sebesar Rp. 20 Milyar hal ini dilakukan untuk pembangunan yang merata dan adil (social justice) jangan biarkan Toraja Utara menjadi penonton tapi saatnya bangkit dan membangun daerah ini”, Ungkap Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

“Masyarakat Toraja harus percaya diri membangun daerahnya dengan kaki sendiri dan tugas provinsi adalah memfasilitasi bagaimana berdaulat dan jangan menjadi penonton, kehadiran saya disini untuk menjadi Abdi untuk melindungi, mengayomi dari asas keadilan di dua Kabupaten Toraja Utara dan Tana Toraja” Pungkasnya.

Usai sambutan dilanjutkan penyerahan bantuan Corporate Social Responsibilty (CSR) oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman kepada Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang berupa Bantuan Pembangunan Gapura Perbatasan Wilayah Kabupaten Toraja Utara dengan Kab. Tana Toraja sebesar Rp. 388.407.000 (Tiga Ratus Delapan Puluh Delapan Juta Empat Ratus Tujuh Ribu Rupiah) dan Bantuan Santunan Kematian Sebesar Rp. 10.000.000 (Sepuluh Juta Rupiah) Bagi Korban Penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KBB) di Distrik Mulia Kab. Puncak Jaya Provinsi Papua Kepada Ahli Waris Almarhum Salena Lolo dan Hadiah Kepada Bapak Pdt. Resly Sinampe yang mendapatkan Penghargaan Kalpaltaru dari Bapak Presiden.

Selain itu juga dilaksanakan penyerahan 30 Sertifikat Aset Tanah dan Dokumen PBB Perkotaan dan Pedesaan oleh Kepala Kantor Pertanahan kepada Pemerintah Kabupaten Toraja Utara yang di terima oleh Bupati Toraja Utara yang kemudian diserahkan langsung Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, SE.,M.Si didampingi Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik V. Palimbong, ST Kepada Camat Tallunglipu Theresia Maya Saleh sebagai perwakilan.

Serta penyerahan Mutharrarah Khainani atas prestasinya membawa Kabupaten Toraja Utara mendapatkan Juara II Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dalam Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-XXXII Kategori Lomba Hafalan 1 Juz dan Piagam Penghargaan Kepada Paduan Suara Remaja Pemuda Atas Prestasinya Sebagai Juara II Tingkat Nasional Pada Ajang Pesparawi Nasional Tahun 2022.

Hadir Anggota DPR RI Fraksi Nasdem, Eva Stevany Rataba, Anggota DPRD Provinsi Sulsel, John Rende Mangontan, Firmina Tallulembang, Jufri Sambara’, Bupati Toraja Utara Periode 2010-2011 Tautoto Tanaranggina (Asisten Administrasi Umum Pemprov Sulsel), Pjs Bupati Toraja Utara 2019, Amson Padolo (Kepala Dinas Kominfo Pemprov Sulsel), Kabiro Perekonomian Prov. Sulsel Since Erna Lamba, Kadis Sosial Prov.Sulsel Andi Irawan Bintang, Kadis Pendidikan Prov. Sulsel, Bpk. Setiawan  , Direktur Sulselbar Prov. Sulsel.

Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, Wakil Bupati Tana Toraja Zadrack Tombeg, Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim, Kapolres Toraja Utara, AKBP. Eko Suroso, Dandim 1414 Tana Toraja Letkol. Inf. Monfi Ade Chandra, Kajari Tana Toraja, Erianto L. Paundanan, Ketua Pengadilan Makale, Rustam serta hadir juga Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Toraja Utara,  Kepala OPD, Camat, Lurah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan seluruh stakeholder serta masyarakat hadir dalam Peringatan Hut Toraja Utara yang Ke-14 Tahun ini.

Sebelumnya kegiatan peringatan Hut Kabupaten Toraja Utara di isi dengan penampilan defile OPD, Kecamatan, Lembang, Kelurahan, Sekolah dan Antraksi Drumband/Marching Band tingkat SD,SLTP dan SLTA/SMK.(*)

Iklan