Iklan

Iklan

,

Iklan

Satuan Karya Wanabakti Kwartir Cabang Torut Laksanakan Donor Darah ,Ketua Panitia : Kegiatan Ini Untuk Membantu PMI dan RS di Toraja

Redaksi
21 Jun 2022, 17:42 WIB Last Updated 2022-06-21T09:42:48Z
A D V E R T I S E M E N T

Pimpinan Pramuka Saka Wanabakti Kwarcab Toraja Utara Gazali D. Ichsan bersama  Satuan Karya Wanabakti Kwartir Cabang Toraja Utara.

 

TORAJAKUNEWS.COM,RANTEPAO- Satuan Karya Wanabakti Kwartir Cabang Toraja Utara mengadakan kegiatan  "Adiwiyata Bersama Menuju Kebaikan" yaitu kegiatan donor darah dan penanaman pohon serta pendidikan lanjutan untuk Anggota Muda Satuan Karya Wanabakti Kwartir Cabang Toraja Utara.

Kegiatan donor darah dengan tema " A little blood for a big hope" sukses dilaksanakan pada hari ini,  Senin ,20 Juni 2022 bertempat di Gedung BPS (Badan Pekerja Sinode) Toraja Utara. pada kegiatan ini, SAKA Wanabakti Kwarcab Toraja Utara bekerja sama dengan UTD RS Lakipadada. 

Menurut Retno  Ketua Panitia, jelaskan bahwa tujuan utama kegiatan Donor Darah ini adalah membantu PMI dan RS yang ada di Toraja, dalam rangka penyediaan darah yang stocknya sangat terbatas di RS. Sementara permintaan darah setiap hari meningkat.

"Kurangnya ketersediaan darah diakibatkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat mendonorkan darahnya, padahall manfaat Donor Darah tidak hanya dirasakan oleh si penerima Donor Darah saja tetapi juga oleh si Pendonor Darah iru sendiri, seperti menurunkan resiko terkena penyakit serangan jantung dan resiko kanker serta membuat kita sehat, olehnya itu sangat dianjurkan kepada masyarakat untuk sering-sering Mendonorkan darahnya setiap 3 bulan sekali". Ujar Retno

"Adapun Darah yang terkumpul pada hari ini sebanyak 15 Kantong Darah, sebenarnya yang siap mendonorkan darahnya sebanyak 30 orang yang sebagian besar anggota Pramuka Saka Wanabakti tetapi hampir separuhnya tdk memenuhi syarat setelah diperiksa oleh Tim Medis Tranfusi Darah", tutup Retno.

Adapun rangkaian kegiatan lainnya berupa penanaman pohon menurut Trian selaku Sekertaris Panitia rencananya akan di laksanakan pada  akhir Juni ini di beberapa tempat di kota Rantepao, dan anggota Pramuka Saka Wanabakti Kwarcab Toraja Utara  yang akan turun tangan langsung dalam penanaman tersebut.

Terpisah Pimpinan Pramuka Saka Wanabakti Kwarcab Toraja Utara Gazali D. Ichsan  mengatakan bahwa Kegiatan Adiwiyata Bersama Menuju Kebaikan di laksanakan dengan tujuan untuk membantu sesama lewat Donor Darah dan ikut membantu Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dalam pelestarian lingkungan dengan menanam Tanaman Hias seperti Tabebuya di kota Rantepao.

"Kegiatan Donor Darah dan Penanaman Pohon dalam wilayah Kabupaten Toraja Utara, merupakan kegiatan Rutin yang dilaksanakan oleh Pramuka Saka Wanabakti Kwarcab Toraja Utara setiap tahunnya.Kunci Gazali D. Ichzan .(☆)

Iklan