Iklan

Iklan

,

Iklan

Pangdam XIV Hasanuddin Kunker di Toraja, Jaga Toleransi Sesama Anak Bangsa

Redaksi
28 Jun 2022, 09:59 WIB Last Updated 2022-06-28T02:01:20Z
A D V E R T I S E M E N T

Pandam XIV/ Haaanuddin,Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki saat tiba di Makodim 11414/Tator,Senin,27 Juji 2022.

 

TORAJAKUNEWS.COM,RANTEPAO - Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki kunjungan kerja ke Kodim 1414/ Toraja , sekaligus resmikan Masjid Ar Rahman Arrashif dan peletakan batu pertama Gereja Oikumene Kodim 1414/Tator. Senin ,27 Juni 2022.

Meski diguyur hujan deras, peletakkan batu pertama pembangunan Gereja Oikumene dan peresmian Masjid Ar-Rahman Arrasihif di Kodim 1414/Tator tetap berjalan.

Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki dihadapan puluhan awak media usai meresmikan masjid dan peletakan batu pertama Gereja Oikumene katakan saya kunjungan kerja ke Kodim 1414 Tana Toraja, dan tadi sudah diterima oleh Bupati Tana Toraja serta Forkopimda dan Tokoh Masyarakatnya.Kemudian sekarang saya berada di Toraja Utara juga sama diterima oleh Wakil Bupati dan Forkopimda.

"Hari ini saya sangat bangga dan terharu ,karena saya bisa meresmikan masjid dan juga tadi melakukan peletakan batu pertama Gereja Oikumene,saya kira ini melambangkan bahwa kita sebagai anak bangsa pempunyai toleransi yang begitu tinggi,kebersamaan sesama anak bangsa ini harus dijaga .Saya Anggap di Toraja ini miniaturnya Indonesia, dimana disini beragam suku ,agama ada disini dan mereka hidup berdampingan damai dan tentram ." kata Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki.

Masih kata Pangdam,saya tahu di Toraja ini adalah daerah yang sangat kondusif jarang saya dengar ada riak-riak tidak ada ,boleh dikatakan sangat kondusif.Apalagi Toraja ini dikenal karena pariwisatanya , budayanya dan religiusnya.Inilah yang mungkin menyebabkan bagaimana Toraja Utara dan Tana Toraja selalu kondusif.

"Mari kita jaga kebersamaan, toleransi sesama umat beragama, sesama anak bangsa .Jadi jangan sam pai ada hal-hal yang disengketakan ataupun dipersoalkan,jadi saya bangga hari ini". kata Pangdam XIV Hasanuddin.

Pangdam XIV Hasanuddin ,Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mamppanyukki didampingi Wabup Torut,Dandim ,Kapolres dan Ketua V BPS GT ,Saat penandatanganan prasasti .


Selain melakukan peletakkan batu pertama pembangunan gereja dan meresmikan masjid, Pangdam XIV/Hasanuddin juga menyerahkan bantuan kasih kepada anak-anak penderita disabilitas di Toraja Utara.

"Anak-anak ini adalah generasi bangsa dan ini harus kita jaga dan kita bantu, mereka adalah rejeki untuk kita semua," tutup Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki.

Lanjut kata Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki,Gereja Oikumene tersebut akan dibangun berdampingan dengan Masjid Ar-Rahman Arrasihif.

Untuk mendukung pembangunan gereja, Andi Muhammad akan menyumbang sebanyak 200 sak semen.

"Masjid telah diresmikan, agar difungsikan dengan baik, dan untuk mendukung pembangunan gereja, saya akan menyumbang 200 sak semen,manfaa" kata Andi Muhammad.

Selian itu Pangdam juga mengagumi obyek wisata negeri diatas awan lolai ,dan akan berkunjung kesana .

"Besok pagi (hari ini red) saya akan berkunjung kesana , untuk melihat negeri diatas awan lolai yang baru kali ini akan berkunjung kesana, walaupun saya orang asli disini (Toraja) karena baru ada kesempatan.Tapi yang utama, saya bisa silaturahmi dengan saudara -saudara saya yang ada di Toraja, karena Puang Sangalla'adalah nenek saya ". pungkasnya

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Victor Palimbong bersama Ibu Wakil Bupati Toraja Utara Damayanti Batti, serta Kapolres Toraja Utara AKBP. Eko Suroso, Ketua 5 BPS GT Kristian Seleng ,FKUB,MPC Pemuda Pancasila Torut, FKPPI ,Hipakad ,Pimpinan Bank Mandiri, Bank BNI dan Bank Sulselbar (*)

Iklan