Iklan

Iklan

,

Iklan

Syukuran Rumah Adat Toraja dan Kaki Seribu ,Di Hadiri Gubernur Papua Barat ,Pangdam Kasuari , Kapolda,Kabinda dan para Bupati

Redaksi
10 Mei 2022, 08:24 WIB Last Updated 2022-06-20T04:06:04Z
A D V E R T I S E M E N T

Saul Rante Lembang,ST,MM .Ketua Panitia syukuran Tongkonan sangulelena Toraja sekaligus ketua pembangunan Tomgkonan IKT Manokwari Papua Barat saat menyampaikan kata sambuyannya ,Senin,9 Mei 2022.

 

TORAJAKUNEWS.COM,MANOKWARI - Ribuan masyarakat Toraja larut pada acara Penutupan hari ketiga  ibadah syukuran mangrara Tongkonan IKT Manokwari, yang dirangkaikan dengan ma' lettoan dari delapan rayon dan masing-masing kerukunan .

Syukuran mangrara rumah adat Toraja (Tongkonan ) dan rumah adat suku arfak kaki seribu ,dihadiri ribuan warga masyarakat Toraja di Manokwari dengan memakai pakaian adat khas Toraja ,sukses digelar .

Ibadah penutupan syukuran ini ,dipimpin Ketua Umum BPS Gereja Toraja Pdt. DR. Alfred Anggui.Senin,9 Mei 2022.

Usai ibadah ,Ketua Umum BPS GT katakan Kita semua bersyukur atas momentum sukacita hari ini. Kita berharap masyarakat Toraja di Manokwari dapat terus menjaga kebersamaan dan memberi hidup yang bermakna bagi pembangunan seluruh masyarakat Manokwari dan Papua Barat secara lebih luas.

"Kehadiran dan sambutan Bapak Gubernur Papua Barat dan Bupati Manokwari dalam rangkaian acara tadi memperlihatkan penerimaan dan hati yang lapang dari pemerintah dan masyarakat Papua Barat, serta Manokwari secara lebih khusus bagi kehadiran masyarakat Toraja di Manokwari.pungkas Pdt .DR.Alfred Anggui,M.Th.

Sementara itu, ketua Panitia syukuran Mangrara Tongkonan Saul Rante Lembang,ST,MM dalam sambutannya katakan puji Tuhan selama pembangunan Tongkonan ini ,kami sebagai panitia telah diberikan tugas kepada kami melalui pengurus IKT Kabupaten Manokwari ,karena Tongkonan ini sudah lama kita rindukan bersama -sama.Sudah puluhan tahun dinantikan .Oleh karena itu , saya sebagai ketua pembangunan merasa bahwa tugas berat yang diberikan oleh seluruh masyarakat Toraja kepada saya ,tentu kami akan leksanakan sebaik mungkin .

"Semoga kerinduan kita ini untuk melihat Tongkonan yang kita rindukan bersama dapat terwujud ,saya melihat dan menyaksikan seluruh masyarakat Toraja di Manokwari bersatu untuk bersama-sama bahu-membahu bekerja  dan memberikan bantuanya berupa dana ,serta memberikan pemikirannya , trimakasi untuk semuanya ".kata Saul Ketua Panitia syukuran Tongkonan IKT Manokwari ini.

Masih kata Saul,kami dari panitia Tongkonan Sangulelena sangtorayaa menyampaikan ucapan trimakasih yang pertama kepada gebernur papua barat Bapak Drs.Dominggus Mandacan,M.Si yang selalu bersama kami memberikan dukungan dan bantuan ,baik dana ,baik spirit ,baik doa juga .

"Kami juga menyampaikan trimaksih kepada Bupati kabupaten Manokwari ,Bapak Hermus Indo ,SIP,MH yang juga senantiasa bersama-sama dengan kami baik pembangunan Tongkonan secara langsung ,maupun melalui pendanaan.Kami menyampaikan banyak terimakasih kepada Bapak Bupati Kabupaten Manokwari ".ungkap ketua panitia pembanguan Tongkonan .

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Panitia Syukuran Mangrara Tongkonan kepada kepala dinas kehutanan provinsi Papua Barat yang telah membantu dalam penyedian kayu untuk pembangunan rumah Tongkonan dan rumah kaki seribu ,dan tujuh lumbung .

"Trimakasi kepada Bapak Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat yang telah membantu dalam penyedian kayu untuk membangun rumah Tongkonan ,rumah kaki seribu dan tujuh lumbung (alang) kurang lebih 382 meter kubik , trimakasih atas faktur sosial yang diberikan kepada kami" .beber ketua panitia syukuran dan ketua  pembangunan Tongkonan ini.

"kami juga berterimakasi kepada kepada Kepala Kesbangpol Papua Barat yang juga selalu mendampingi kami .Kami juga menyampaikan trimakasi kepada seluruh pengurus PMTI pusat Bapak Ketum dan seluruh pengurus yang selalu memberikan nasehat ,arahan dan bimbingan kepada kami panitia .Kami juga menyampaikan trimakasi kepada ketua IKT Papua Barat, yang juga senantiasa selalu mendampingi kami dan seluruh pengurus yang juga senantiasah memberikan dukungan , memberikan spirit kepada kami".imbuhnya

"Kami juga berterimaksi kepada ketua IKT Kabupaten Manokwari yang juga selalu memberikan bantuan kepada kami ,begitu juga Ketua IKT Manokwari selatan dan seluruh  pengurus yang juga selalu bersama-sama kami ,bersama kami tiga kali ketika masuk dihutan mengambil kayu melalui UD.Baka Sura', juga kepada keluarga yang mendukung kami ,di Mansel Keluarga Joni Patanduk , keluarga IKT dan seluruh keluarga yang turut mendukung ".tutur Ketua Panitia.

" Juga trimakasi kepada seluruh tukang yang membangun Tongkonan ini, dipimpin adik saya Semuel Palimbong dari nonongan dan seluruh tukangnya ,juga kepada to massura' yang dipimpin oleh Markus dari La'bo .trimaksi juga kepada tukang dari manado yang telah membuat rumahbkaki seribu dan seluruh masyarakat sangtorayaan yang ikut terlibat sehinggah hari ini kita dapat berayukur mangrara Tongkonan ,trimakasi Tuhan menyertai kita semua".kunci Ketua Fraksi Nasdem DPRD Provinsi Papua Barat .

Usai ibadah syukur mangrara Tongkonan, dilankutkan dengan pelantikan pengurus IKT Manokwari ,lalu peresmian rumah adat Toraja (Tongkonan ) dan rumah adat suku arfak kaki seribu ,dan penandatanganan prasasti oleh Gubernur dan para Bupati.

Pengisi acara ,yakni  Paduan Suara dari IKT Manokwari Papua Barat ,Pa' gellu dari muda-mudi IKT Manokwari dan Penyanyi asal Toraja Mey Christine Saalino.

Hadir dalam acara terakhir Mangrara Tongkonan IKT Manokwari ,yakni Gubernur Papua Barat ,Bupati Manokwari , Bupati Manokwari Selatan , Bupati Pegunungan Intan ,Bupati Teluk Wondama ,Ketum PMTI Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumba,Sekjen PMTI Dating Palembanga ,Pangdam 18 Kasuari,Kapolda Papua Barat, Kabinda Papua Barat,Kajari Manokwari,Sekda Papua Barat ,Ketua KKSS Papua Barat ,para Ketua IKT se - Papua .

Dari Toraja, hadir Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang,Ketua DPRD Toraja Utara Nober Rante Siama, Anggota DPRD Torut Harun Rante Lembang ,Erni Pali,Lembong Mendila dan Julianto Mapiley, to minaa Pong Barumbun,para Tokoh agama dan tokoh masyarakat serta para tamu undangan lainnya.(kirei)

Iklan