Iklan

Iklan

,

Iklan

Perayaan HUT PMTI ke -18, Ketum PMTI : Even Ini Wadah Perantau Rindu Kampung Halamannya

Redaksi
18 Apr 2022, 18:37 WIB Last Updated 2022-06-20T04:06:04Z
A D V E R T I S E M E N T
Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung bersama Ketua Umum PMTI Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumba bersama Istri saat menabuh gendang menandai pembukaan even PMTI secara resmi .Senin,18 April 2022.



TORAJAKUNEWS.COM,MAKALE - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -18 Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), hari ini resmi  dibuka langsung oleh Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, di pusat pasar seni Makale, kabupaten Tana Toraja, Senin ,18 April 2022.

Perayaan HUT PMTI ke-18 ini,juga dirangkaikan dengan  Perayaan paskah ,Hari Kartini dan Kongres Pemuda. dilaksanakan selama 6 hari dari tanggal 18 hinggah 23 April 2022, di kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara.

Even HUT PMTI ke - 18  pembukaan kegiatannya dilaksakan hari ini di kabupaten Tana Toraja dan rangkaian kegiatan lainnya seperti Expo PMTI akan dilaksanakan selama 5 hari di kabupaten Toraja Utara.

Dalam sambutannya, pada pembukaan HUT PMTI, selaku Ketua PMTI, Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa, mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini harapan kita para perantau Toraja, bisa kembali rindu akan kampung halamannya.

"Saya berharap dengan kehadiran kami, perantau perantau Toraja yang rindu kembali akan kampung halamannya dan bersinergi dengan masyarakatnya, pemerintahnya, maupun gerejanya, kami berharap mari kita bersama sama meramaikan kegiatan ini", ungkap Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa.

Ketua Umum PMTI juga, mengatakan jika mungkin ini kegiatan yang pertama kali diadakan dengan penuh sukacita dan bergembira selama pasca pandemi covid-19. Namun itu kita tetap menjaga protokol kesehatan

"Mari kita budayakan pakai masker dan cuci tangan, untuk hidup sehat", tambah Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa.

Untuk itu Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa, berharap ekonomi di Kabupaten Tana Toraja, Toraja Utara, dan Mamasa, kembali bangkit, bersama sama dengan PMTI nantinya.

Sementara, dikonfirmasi ke Koordinator Bidang Pawai, Ardi Lulun, menjelaskan jika peserta the Vile yang hadir sejumlah 22 kontingan dengan jumlah peserta 3000 orang.

"Pada acara pembukaan HUT PMTI ke-18 ini, peserta the Vile yang hadir ada 22 kontingen dengan jumlah peserta 3000 orang, yang menampilkan kostum pakaian adat dan atraksinya sampai yel yelnya", ucap Ardi Lulun.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut, para jajaran Forkopimda Tana Toraja dan Toraja Utara, Kombes Pol Darma Lelepadang,Sekda Tana Toraja tokoh Agama, dan tokoh Pemuda, beserta para tokoh Adat.(Kirei)

Iklan