Iklan

Iklan

,

Iklan

Mentan RI ,Resmikan Pasar Seni dan Kuliner Khas Toraja To' Pao Toraja Utara

Redaksi
5 Feb 2022, 20:15 WIB Last Updated 2022-02-05T12:29:24Z


 

TORAJAKUNEWS.COM,RANTEPAO - Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo didampingi Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang, membuka pasar seni dan pusat kuliner oleh -oleh khas Toraja dan Cofee shop To' Pao di Bua Kecamatan Kesu' .Sabtu,5 Februari 2022.

Pembukaan Pasar To ' Pao ditandai dengan memukul gendang yang dilakukan Mentan RI bersama Bupati Torut serta penandatangan prasasti .

Dalam sambutannya Menteri Pertanian RI katakan tempat ini sangat bagus, kalau mau Toraja bagus salah satunya perlihatkan hal-hal yang seperti ini.Setelah dua tahun seluruh dunia di hantam covid orang sudah jenuh.Dengan adanya Pasar To' Pao ini ,sangat baik bisa memulihkan ekonomi kerakyatan .

"Yang pertama pulih adalah pertanian ,indonesia bisa bertahan hinggah saat ini karena pertaniannya hebat.Naik 16,42 persen ,dan tahun ini export pertanian Rp .45 Triliun ,yang kedua pulih adalah pariwisata. Saat dibuka langsung obyek wisata ramai diseluruh dunia .

"Tempat ini sudah betul ,siapa lagi yang mau bantu rakyat jualan disini kalau bukan kita ,jadi tempat ini hanyalah tempat.Sekaligus momentum, bukan hanya momentum tapi di siini adalah semangat kemauan bersama untuk menghadirkan Toraja yang besok harus lebih baik .Kalau ada apa-apa di tempat ini Sam dan Eva kasih tahu saya. Kata Mentan RI .

Mentan RI ,Syahrul Yasin Limpo didampingi Bupati Torut Yohanis Bassang dan Owner To' Pao Samuel Lande.saat memukul gendang tanda pembukaan Pasar Seni dan Kuliner To' Pao,Sabtu,5 Februari 2022.

Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang dalam sambutannya katakan kami atas nama pemerintah kabupaten Taraja Utara mengucapkan selamat datang pak menteri ,dan sungguh kami bangga sebagai orang Toraja ,atas kehadirannya dalam rangka persiapan meninjauh lokasi pelaksanaan rakornas kementrian pertanian .

"Kita masyarakat Toraja Utara harus siap ,karena begitu banyak orang akan datang .Para menteri ,10 gubernur terbaik dan 10 bupati terbaik akan hadir di Toraja Utara.Olenya itu kebersihan kita jaga ,ketertiban kita jaga,supaya kita harap rakornas kementrian pertanian bisa sukses.Dan selamat atas pembukaan Pasar Seni dan pusat kuliner khas Toraja di To' Pao ini.kata Bupati Torut .

Sementara Samuel Lande selaku owner Pasar To' Pao dalam sambutannya katakan Pasar To' Pao adalah awal kebangkitan pariwisata di Toraja Utara ,dimana selama dua tahun pandemi covid 19 semua dibatasi .Kegiatan sosial , pariwisata ditutup dan kegiatan lainnya.

"Kami pengelola sugguh sangat bersyukur pak menteri ,dimana waktunya yang sangat terbatas di Toraja Utara. Namun dapat berkenan berkunjung untuk meresmikan pasar seni dan pusat kuliner khas Toraja dan pusat oleh-oleh di to' pao.kata Sam Lande sapaannya yang juga anggota DPRD Torut .

Sam Lande juga katakan, sungguh besar perhatian pemerintah kabupaten Toraja Utara terhadap pelaku pariwisata, tidak ada cerita kita pesimia tapi tetap Optimis.

Diketahui Pasar To' Pao adalah usaha milik keluarga dimana Pemiliknya adalah Kalebu' Toding Allo, mertua dari Samuel Lande,SH anggota DPRD Toraja Utara Fraksi PDI Perjuangan.Dan Pengelola Atik Toding Allo yang tak lain istri Sam Lande.

Pasar To' Pao memiliki 40 toko suvenir dan oleh-oleh,12 konter cafe dan restauran.Buka dari jam 8 pagi sampai jam 12 malam ,Total 70 unit namun ada toko mengambil 2 unit .

Hadir dalam acara pembukaan pasar To' Pao yakni Wakil Bupati Taoraja Utara Frederik V. Palimbong ,Dandim 1414 Tator Letkol Inf Amril Hairuman Tehupelasury, S. I. P,
Anggota DPR RI Eva Stevany Rataba , Kadis Pariwisata Yorry Lesawengan Anggota DPRD Torut Harun Rante Lembang,ST ketua fraksi Nasdem Torut  yang juga Ketua Karang Taruna Toraja Utara,Kadis Pertanian Medan Sandabunga dan Deni JM Kacab Bank Sulselbar Toraja Utara .(☆)


Iklan