Iklan

Iklan

,

Iklan

Jalan Rusak Parah ,Warga Sangsaluan Urunan Beli Timbunan 55 Ret

Redaksi
8 Jan 2022, 12:05 WIB Last Updated 2022-01-08T04:05:45Z
A D V E R T I S E M E N T

Kepala Lembang Salu Roni Pata Allo bersama warga masyarakat salu saat melakukan penimbunan jalan yang berlubang,Jumat,7 Januari 2022.

 

TORAJAKUNEWS.COM,RANTEPAO-Prihatin dengan kondisi jalan salu yang rusak parah , Masyarakat sangsaluan inisiatif urunan beli timbunan sebanyak 55 ret,untuk menimbun jalan yang berlubang dan rusak parah itu.

Jalan yang diurug sepanjang tiga kilo meter mulai dari perbatasan lembang salu sopai hinggah ke pasar salu ,Lembang Salu Sarre ,Kecamatan Sopai Toraja Utara.

Inisiator untuk menimbun jalan berlubang sepanjang 3 km tersebut yakni Anggota DPRD Kabupaten Fakfak Ishak Patanduk dari Fraksi P.Golkar , melalui sambungan whatshapnya Jumat,07 Januari 2022 mengatakan sangat luar biasa dimana antusias warga masyarakat sangsaluan khususnya para diaspora salu diluar, saya selaku inisiator pengumpulan dana berapa saja namun diluar dugaan kita bahwa dana yang kita kumpulkan sekitar Rp.30 juta.Untuk kita pakai menimbun pada tahap pertama, mulai dari perbatasan salu sopai dan ke pasar salu .

"Saat ini, jalan berlubang yang telah ditimbun itu telah dirasakan mamfaatnya oleh masyarakat itu sendiri,karena kemarin banyak pesta disini dan mereka sudah mulai merasakannya. Tapi yang paling utama adalah kita ini mau memotifasi masyarakat.Kata Ishak

Lebih jauh Ishak katakan ,pada hari pertama kita melaksanakan penimbunan itu, setelah kita berkordinasi dengan pihak Kecamatan Sopai.Kemudian tokoh masyarakat ,dan tidak terlepas juga dari peran tiga kepala lembang yakni Keplem Salu Sopai ,Keplem Salu Sarre dan Keplem Salu.

"Pada hari pertama penimbunan tiga kepala lembang ini mengajak masyarakat bergotong royong jumat bersih dijalan poros salu, meskipun ada suara bernada sumbang dari masyarakat bahwa jalan poros Salu -Dende ini adalah merupakan jalan kecamatan, namun dengan inisiatif kita beri penjelasan bahwa jangan kita terlalu berharap sama pemerintah, apa yang bisa kita lakukan mari kita laksanakan sekarang .Ujarnya

Masih kata Ishak melalui sambungan Whatsapnya jelaskan, Kepala Lembang salu Roni Pata Allo mendatangi Bupati Toraja Utara Pak Yohanis Bassang untuk memberikan bantuan kepada kita ,ternyata beliau dengan respon cepat dengan mengirimkan alat berat walas dan sangat luar biasa mamfaatnya.

"Inilah pemimpin yang kita butuhakan saat ini ,yang cepat tanggap apabila masyarakatnya itu membutuhkan bantuan.Saya sangat salut dan mengapresiasi terhadap Pak Bassang atas bantuan ini karena kalau tidak, mungkin kami dicaci oleh warga karena timbunan tidak bisa rapat.Kalau tidak ada alat berat walas ini mungkin hanya berapa meter saja yang ditimbun karena bayar sewah alat walas lagi. Trimakasi dan salam hormat buat Pak Ombas .Ungkap Ishak .

Lanjut kata Ishak,Saya bermohon kepada pak Bupati Toraja Utara agar janji untuk perbaikan jalan ke salu agar direalisasikan untuk anggaran tahun 2022 ,karena saya juga paham bahwa untuk membagi-bagi anggaran itu memang sangat rumit apalagi kabupaten Toraja Utara yang APBD nya tidak terlalu banyak .Tetapi komitmen Pak Bupati ini kita sangat tunggu ,dan saya pastikan Bupati akan realisasikan jalan salu ini.

"Saya selalu berpatokan dari hal-hal yang kecil ,kalau hal kecil yang alat berat walas ini tidak ada hambatan langsung dia kirim ke salu ,biasanya disposisi ke kadislah atau kesekda tapi ini hanya lewat telepon besoknya langsung dia kirim alat walas ini, hormat Pak Bupati trimakasih bantuannya.Kunci Ishak Patanduk mengakhiri sambungan Whatshapnya ,yang tak lain putra Kepala Lembang pertama Sangsaluan hinggah nonongan pada saat itu,dan sekaligus perintis jalan alang-alang - salu.

Ditambahkan Kepala Lembang Salu Roni Pata Allo katakan , Saya sangat berterima kasih atas persatuan masyarakat sangsaluan yang di fasilitasi para perantau sangsaluan (Diaspora),semoga kebersamaan itu selalu di pupuk dan ditingkatkan.

"Penimbunan jalan yang rusak parah ini ,tak terlepas juga dari Kerukunan masyarakat salu yang ada di makassar.Serta masyarakat salu di tiga lembang ini dalam partisipasinya sehinggah jalan dapat ditimbun dan diwalas ,sehinggah jalan saat ini tak berlubang.tutup Roni sapaan akrabnya.

Diketahui untuk rencana pekerjaan jalan poros alang-alang -Salu,rencana akan dikerjakan di tahun 2022 ini , yang anggarannya dari Dinas PUPR Toraja Utara .(☆)


Iklan