Iklan

Iklan

,

Iklan

Mentan Janji Perhatikan dan Memajukan Pasar Hewan

Redaksi
28 Nov 2020, 23:40 WIB Last Updated 2020-11-28T15:40:00Z
A D V E R T I S E M E N T


TorajaQnews.com
, RANTEPAO - Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo, S.H.,M. Si.,M.H melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Toraja Utara bersama seluruh jajarannya dari Kementrian menggunakan Helikopter dan mendarat di helipad Kodim 1414 Tana Toraja pukul 10.00 wita , Sabtu 28 November 2020.


Mentan SYL disambut Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara Drs. Rede Roni Bare, M. Pd  yang langsung menyematkan passapu dan sarung tenun toraja, didampingi Komadan Kodim 1414 Tana Toraja Letkol CZI. Zaenal Arifin, M. Han didampingi Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Kusuma Wirajati, S.I.K., MH dan stakeholder terkait lainnya langsung menuju Pasar terbesar di Asia Tenggara Pasar Hewan di Bolu untuk melihat kondisi pasar yang ada disana.

Mantan Gubernur Sulsel dua periode ini mengunjungi pasar hewan yang terletak di kecamatan tallunglipu kabupaten toraja utara, .


Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL ) terkait kunjungan kerjanya  mengatakan “Dalam kunjungan kerja ini kami datang melihat pasar hewan yang sangat besar di Asia Tenggara bahkan di dunia ,mengamati dan efektif sebab singkron dengan upacara adat yang ada di toraja seperti menyembelih hewan kerbau maupun babi dalam upacara rambu tuka’ maupun rambu solo”, kata Menteri Pertanian ini.


“Saya akan memberikan perhatian untuk pasar hewan ini usai Pilkada dan akan membuat konsepsi untuk memajukan pasar ini, saya akan mengintervensi apa saja menjadi lokus kebutuhan di pasar ini, baik itu penambahan skala produksi kerbau dan babi yang ada disini. Tentu kita akan memulai langkah-langkah strategis seperti budidaya dan intervensi yang dilokuskan ke acara adat istiadat di toraja dan pada tahun 2021 saya akan mulai masuk melakukan langkah itu”, ucap Syahrul Yasin Limpo.


Ditambahkan Sekretaris Daerah Toraja Utara Rede Roni Bare ,mengatakan dengan kunjungan Menteri tentu adanya perbaikan pasar ini, selain itu kita butuh sentuhan dari Dirjen Peternakan pembibitan kerbau atau babi dan yang berikut adalah peningkatan sumber daya manusia (SDM) dalam hal peningkatan keterampilan peternak.


“Ada dua Dirjen yang dihadirkan oleh Pak Mentan yang telah  melihat kondisi Pasar Hewan di bolu ini, tak hanya itu diharapkan kunjungan ini membangkitkan ekonomi desa yang ada di wilayah kita” jelas Rede Roni Bare


Nampak juga dalam kunjungan kerja Kementan di Toraja, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Sekretaris Dinas Kominfo-SP Toraja Utara, Sekcam Denpina.(AT)

Iklan